Review: Breaking Dawn: Part 1 (2011)

Setahun menunggu kelanjutan cerita ini, dan akhirnya Twilight kembali. Dibagi menjadi 2 bagian, sama seperti apa yang dilakukan David Yates di film HarryPotter nya. Breaking Dawn jelas hal yang paling ditunggu-ditunggu bagi penggemar Twilight dari 2008 lalu. Breaking Dawn jelas membawa para penonton ke level yang lebih tinggi. Kita akan lebih mengenal Edward Cullen,Bella Swan juga Jacob Black di film terakhirnya ini.

 

 

 

Breaking Dawn Part1(BDP1) menceritakan tentang Edward Cullen(Robbert Pattinson) dan Bella Swan(Kristen Stewart) yang akan segera menikah.Tentu hal ini membuat Jacob(Taylor Lautner) menjadi cemburu terhadap Edward karena selama ini Jacob mencintai Bella.Tetapi, tetap saja Jacob menghadiri acara pernikahan dua pengantin baru ini. 

Setelah acara malam pernikahan mereka,Edward membawa Bella kesebuah pulau yang diberi nama Pulau Esme. Dan disinilah adegan-adegan yang tidak kita temui di film-film sebelumnya. Di tengah-tengah bulan madu mereka, Bella membawa kabar baik bagi keluarga Cullen dan juga keluarganya sendiri.YAP! Bella hamil. Kehamilan Bella membuat suatu konflik baru.Bayi yang berada di janin Bella perlahan menghancurkan Bella dan orang-orang terdekatnya. 

BDP1 adalah bagian terakhir atau seri terbaik dan pastinya seri favorit saya. Bukan karena adegan-adegan bulan madu mereka!Tetapi, karena cerita yang disuguhkan lebih terasa dan juga atmosfir vampir lebih terasa. Konflik yang diberikan pun lebih berat dari permasalahan-permasalahan di film-film sebelumnya.

 

Adegan pernikahan memang berjalan sangat lama.Dan saya akan beritahu anda bahwa durasi BDP1 adalah durasi terpendek dari seri-seri sebelumnya. Di bagian pertama film ini, kita akan disajikan kemurkaan Jacob, persiapan perkawinan Edward-Bella, dan keluarga-keluarga Cullen.Dan di pertengahan kita disajikan kejadian-kejadian yang terjadi di Pulau Esme. sampai pada akhir film kita disajikan permusuhan antara kaum werewolf dan vampir.

Dari departemen akting, cukup memuaskan.Apalagi Robert Pattinson,Ashley Greene dan Taylor Lautner yang semakin membaik.Yah,masih sama seperti di film-film yang diperankan oleh Kristen Stewart, mukanya masih datar. Tetapi, Kellan Lutz terlihat lebih datar lagi. Dan kali ini Stewart tampil lebih berani dari sebelumnya. Seperti yang saya katakan, Bill Condon menyiapkan sesuatu setelah 1 jam pertama. Kita seperti dibawa ke dunia mereka. Dengan atmosfer yang benar-benar berbeda.

 

Bagi saya,Bill Condon telah bekerja dengan baik. Bill Condon menyiapkan kejutan-kejutan yang memang tidak banyak di film ini. Terutama di ending film ini.Film yang ‘katanya’ PG-13 ini membuktikan jika film ini sangat-sangat salah. Jelas film ini hanya untuk orang dewasa atau 17 tahun ke-atas. Sebagian besar durasi film ini ditujukan untuk bulan madu pasangan baru ini, tetapi tidak apalah. Di akhirnya kita akan benar-benar puas dengan apa yang telah disajikan oleh Condon.

Overall, Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 adalah yang terbaik dari film-film sebelumnya. Pemain bermain lebih baik dari film-film sebelumnya, dan juga atmosfer yang berbeda dari sebelumnya. Cerita yang lebih kompleks dan konflik yang lebih nyata. Kekeluargaan dan persahabatan yang lebih terasa. Walau mungkin kita akan merasa sedikit kebosanan.Memang film ini tidak menampilkan begitu banyak ‘perang’ antara manusia serigala dengan vampir, tetapi film ini jauh lebih baik. Saya mengatakan cukup. Kali ini, film ini sangat menghibur.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s