Review: Chronicle (2012)

Film mockumentary lagi…entah mengapa sedikit malas untuk menonton film mockumentary.Memang beberapa film berhasil, dan kebanyakan film menarik perhatian saya. Kali ini, muncul lagi Chronicle yang hadir di awal tahun,Chronicle. Dari trailer yang sangat spesial itu, Chronicle sangat mengajak saya untuk menontonya. Dan mudah-mudahan hasil dari film yang satu ini tidak mengecewakan, mengikuti jejak-jejak keberhasilan film-film mockumentary lainnya(Re:Cloverfield,Rec, Paranormal Actvitiy).

 

Chronicle menceritakan tiga sahabat Andrew(Dane DeHaan), Steve(Michael B Jordan) dan Matt(Alex Russell) yang ketiganya mendapat kekuatan baru setelah memauki sebuah lubang di hutan. Awalnya, mereka hanya menggunakan itu untuk bersenang-senang bersama atau mengerjai orang-orang tertentu. Tetapi, makin kelamaan mereka menyalahgunakan kekuatan tersebut. Tetapi,salah satu dari mereka tetap menyalahgunakan kekuatan tersebut dan melanggar peraturan mereka. 

 

Chronicle bukanlah film superpower biasa, Chronicle mempunyai power sendiri untuk membuat penonton terdiam dan menonton aksi-aksi hebat yang ditunjukkan oleh ketiga remaja ini. Chronicle memang sedikit berjalan lambat di awal, dan setelah mereka mendapatkan super-power tersebut keadaan menjadi lebih seru. Chronicle berubah menjadi film yang sangat menular, menjadi film mockumentary yang seru dan menegangkan.

 

Yang paling mencuri perhatian saya adalah adegan-adegan di 15 ment terakhir. Pertempuran yang menegangkan itu. Dan uniknya lagi, kamera bukan hanya diambil dari kamera Andrew saja. Sebut saja, kamera cctv di rumah sakit, kemudian kamera dari arah helikopter dan lainnya. Pergerakan kamera pun terlihat sangat pro, tanpa membuat para penonton pusing(Re:Cloverfield). Pergerakan kesana kemari terlihat sangat tepat. Jelas Chronicle adalah salah satu film remaja yang mendapatkan reaksi positif dari remaja siapa saja yang menontonya.

 

Sayangnya durasi film Chronicle sangat sebentar. 75 menit bukanlah waktu yang banyak untuk sebuah film semacam ini, butuh spesial efek yang megah dan aksi-aksi yang menarik. Dan untungnya, kita tidak kehilangan itu selama 75 menit lamanya. Masih ada aksi-aksi menarik, seperti bermain baseball di udara, mobil berterbangan, memindahkan barang seenaknya. Sangat disayangkan jika melewatka film Chronicle ini. Walaupun sedikit lamban di awal, Chronicle kemudian membayarnya di pertengahan dan tetap konsisten sampai akhir film. Chronicle menjaga ketegangan tersebut, dengan aksi yang diluar ekspetasi.

 

Chronicle adalah film dengan budget yang kecil dan durasi yang sedikit namun menjadi film yang sangat menghibur dari awal hingga akhir. Film mockumentary lainnya yang berhasil mencuri perhatian. Dengan aksi terbang-terbangan yang memukau ditambah dengan pertempuran yang sangat diluar kendali. Ada pula lelucon-lelucon yang diberikan yang jelas sangat lucu. Josh Trank memang tidak terburu-buru, mengambil hati para penonton perlahan-lahan dan pada akhirnya menjadi salah satu film favorit saya. Sangat menghibur.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s