Review: Modus Anomali (2011)

Setelah Kala dan Pintu Terlarang yang sangat wow. Kini Joko Anwar kembali dengan film terbaru nya Modus Anomali. Ini adalah film Indonesia yang paling saya tunggu dari tahun kemarin. Kebanyakan film-film indonesia yang saya tunggu sedikit mengecewakan saya. Dari Trailer mungkin kita sudah bisa merasakan betapa mengerikanya film ini. Trailer yang mengundang.

 

Rio Dewanto(John Evans) bangun setelah dikubur oleh seseorang di suatu hutan Dia bahkan tidak mengetahui siapa dirinya. Rio memutuskan untuk mencari pertolongan. Kemudian ia menemukan sebuah rumah kecil seperti kabin di tengah hutan tersebut yang ternyata mempunyai suatu cuplikan tentang di bunuhnya seorang ibu hamil. Dan ternyata ibu hamil itu dibunuh di rumah yang sedang dimasuki oleh John. Ternyata di dalam hutan tersebut, John diikuti oleh seseorang yang meninginkan nyawanya.

 

 

Modus Anomali benar-benar membingungkan saya diawal hingga pertengahan. Namun, detik demi detik film itu berjalan. misteri demi misteri film ini pun semakin kelihatan. Namun,Modus Anomali bukanlah karya terbaik Joko Anwar. Namun ini adalah salah satu film Indonesia yang berkualitas dan jelas sangat menghibur. Modus Anomali sayangnya tidak mempunyai kejutan yang sangat mengejutkan para penontonya.

 

Modus Anomali adalah film yang tepat untuk menebak-nebak yang akhirnya pun dijelaskan semua pertanyaan dari awal hingga akhir film. Joko Anwar sayangnya tidak membiarkan penonton berpikir panjang akan misteri dari film ini. Dialog di film ini juga tidak begitu banyak. Lebih banyak menujukkan aksi-aksi dari Rio Dewanto dibandingkan dialog yang sebenarnya sangat dibutuhkan. Modus Anomali juga bisa menjaga konsistensi ketegangan dari awal. 

 

Modus Anomali ya tidak ketinggalan dengan twist yang biasa Joko Anwar lakukan di setiap filmnya. Dan Modus Anomali sangat beruntung mempunyai Rio Dewanto karena tidak diragukan lagi ia bermain dengan total di film yang satu ini. Yang patut diacungi dua jempol adalah pergerakan kamera yang sangat rapih dan tepat disetiap momen dan adegan di film ini. 

 

Ada adegan yang sebenarnya ditunjukkan sangat frontal namun belum cukup sadis di mata penontonya. Eksploitasi sangat dibutuhkan film semacam ini. Namun beberapa momen yang tidak berhasil saja.Dan beberapa momen pula yang kurang gereget. Tetapi, pada akhirnya Modus Anomali adalah salah satu film Indonesia terbaik yang pernah saya tonton. 

 

Dibalik kekuranganya, Modus Anomali tetap film yang sangat menghibur. Modus Anomali memang tak serumit Pintu Terlarang mungkin Modus Anomali terlihat lebih mudah dicerna. Yang paling saya sukai dari Modus Anomali ini adalah twist-twist nya yang bisa menjadi sebuah tebak-tebakan. Joko Anwar mampu menjaga konsistensi dari awal hingga akhir untuk tetap membuat penonton duduk terdiam sambil berpikir-pikir Apa, Bagaimana dan saya sangat menyukai beberapa adegan di akhir film yang sangat menghibur. Overall,saya merekomendasikan film ini. 

Image 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s