Review: Project X (2012)

Todd Phillips, sutradara sekaligus Produser yang pernah menyutradarai beberapa film seperti Hangover pertama dan kedua, Due Date, Old School dan School For Scoundrels. Kali ini ia lebih memilih untuk tidak menyutradarai film yang satu ini, Project X. Ia hanya cukup untuk mem-produseri film gila ini. Setelah melihat trailer yang direkomendasikan banyak orang. Saya cukup tertarik untuk menonton film-nya. Kata review-review para movie blogger sih film nya gila. Tambah tertarik. Hasilnya…..filmnya sangat gila. 

 

 

 

Project X mengisahkan tentang empat orang yang kurang terkenal di sekolahnya yaitu Thomas(Thomas Mann), Costa(Olive Cooper), JB(Jonathan Daniel Brown) dan Dax(Dax Flame) yang mengadakan pesta besar-besaran dirumah Thomas untuk merayakan ulang tahun Thomas. Dan hasilnya, sekitar 1500 orang memutuskan untuk hadir di pesta anak SMA tergila sepanjang masa. Awalnya Pesta berjalan dengan kehendak ke-empat losers ini. Namun, lama kelamaan orang-orang yang hadir di pesta tersebut mulai menghancurkan lingkungan dan rumah Thomas tersebut. Pesta gila ini lama-kelamaan menjadi pesta yang liar dan tak terkendali.

 

Project X adalah film yang sangat menyenangkan. Selama 78 menit kita diperlihatkan pesta Thomas yang sangat gila. Difilm ini garapan Nima Nourizadeh ini, kita tidak disuruh berfikir keras. Mungkin film ini ditujukan hanya untuk bersenang-senang. Tanpa harus berpikir, kita sudah tahu apa maksud dari film ini. Project X sangat menghibur dari awal film hingga akhir. Nima Nourizadeh mengeksekusi Project X menjadi film yang sangat simpel namun masih sangat layak tonton.

 

Banyak adegan-adegan vulgar di film ini yang membuat Hangover terlupakan. Terlupakan disini maksudnya adegan gila yang hadir di Hangover tidak ada apa-apanya dibandingkan Project X. Project X mempunyai adegan-adegan gila yang belum pernah saya lihat di film mana pun sebelumnya. Ini adalah film yang terlampau dewasa. Saya bahkan tidak habis pikir betapa beraninya perempuan-perempuan disini tampil sevulgar itu. Memang saya sedikit risih akan ke-frontal-an film ini yang menurut saya sangat diluar batas. Tapi itulah Project X. Kehdarian si kerdil disini pun sangat annoying. Saya tak begitu menyukai akan porsi si kerdil yang sebenarnya sedikit. Ditiadakan pun sebenarnya tidak memberi dampak di film ini kecuali mobil yang masuk kedalam kolam berenang tersebut.

 

 

Project X adalah film yang sama seperti Chronicle, mockumentary. Kamera bergerak begitu cepat sehingga kita tidak akan ketinggalan satu adegan gila pun. Ya, seprti kebanyakan film, tidak akan lari dari kata membosankan. Dan menurut saya, saya tidak menyukai bagaimana Nima Nourizadeh membawa kembali T-Rick dengan cara seperti itu. Um, saya pun tak mengerti. Karena nampaknya hanya saya yang tidak menyukainya. Banyak ucapan-ucapan kasar dari mulut para penggila pesta ini yang sedikit berlebihan. 

 

Kita juga ditemani dengan lagu-lagu familiar seperti lagu milik Snopp Dogg, Wiz Khalifa. Pesta disini menjadi lebih menyenangkan dengan lagu dan musik-musik yang mengajak untuk ikut ke pesta tersebut. Project X bisa dibilang sangat tidak mudah untuk ditebak. Banyak adegan-adegan yang tidak pernah ada di otak saya. Ya, saya sangat menikmati film ini. Jika saya disuruh untuk memilih antara Project X dengan Hangover. Saya jujur harus berpaling kepada Hangover. Hangover tampil gila dengan lelucon yang lebih lucu daripada Project X. Sedangkan, Project X hanya menampilkan kegilaan para anak-anak yang hadir dalam pesta ulang tahun Thomas dan bertingah semenah-mena. Project X jelas adalah salah satu film favorit saya tahun ini. Project X dengan gampang menyelip ke 10 film terbaik karena lemahnya film-film yang dirilis pada tahun ini. Namun, 2012 masih panjang…..

 

 

Image

Leave a Reply

