Review: The Apparition (2012)

 

Premis mengenai rumah berhantu pastinya sudah terlalu pasaran. Apalagi di tahun 2012 ini dimana hal tersebut telah digunakan para pembuat film ribuan kali. Beberapa berjalan dengan mulus dan berhasil. Dan sisanya menjadi horror yang gagal menakut-nakuti penonton yang awalnya ingin ditakut-takuti malah berakhir dibodohi. Bukanya ketakutan malah tertawa. Contohnya adalah “The Apparition”. Ya ampun, seharusnya saya mendengarkan saja apa yang dikatakan mereka yang telah kerugian menonton film ini.  Who the hell is Todd Lincoln? Ya, mungkin karena namanya yang terasa aneh dan terkesan baru di Movie Industry jadinya membuat film sampah yang tak bertujuan ini. Nearly the worst horror movie of the year, total mess!

 

The Apparition dibuka dengan menceritakan bagaimana salah satu teman dari Ben (Sebastian Stan) dan Patrick (Tom Felton) hilang setelah melakukan sebuah percobaan yang sebenarnya tidak seharusnya mereka lakukan. Kemudian, Ben yang kemudian pindah kerumah baru dengan pasangan nya Kelly (Ashley Greene) mulai diganggu dengan hal-hal aneh. Mereka menduga bahwa rumah itu lah yang berhantu. Sudah kelewat batas, mereka akhirnya memanggil Patrick dan bahkan Patrick pun tidak bisa menghentikanya. Apa yang sebenarnya terjadi adalah sebenarnya kesalahan mereka. 

The Apparition yang hanya berdurasi 73 menit (thanks, god!) tidak menawarkan apa-apa selain trik-trik basi yang sudah dilakukan oleh beratus-ratus pembuat film yang akhirnya berakhir dengan film horror yang basi dan tak menyeramkan. Tidak berbohong, beberapa kali memang sedikit merinding melihat bagaimana hantu-hantu ini menanggu dua pasangan baru ini. The Apparition adalah sebuah horror bodoh yang sangat membuang-buang waktu penontonya. Memang terlalu jahat untuk memaki-maki film yang hanya berusaha untuk menakut-nakuti dan menghibur penontonya saja. Tetapi, ini sudah benar-benar kelewatan buruknya. Bayangkan, “hantu” yang ditunggu-tunggu kemunculan nya hanya menampakkan dirinya kurang dari 3 kali. Inilah betapa pointless nya film kesayangan saya ini. Padahal dari posternya sudah terlihat meyakinkan. Saya bahkan akan menaruh poster ini kedalam list poster-poster terbaik di tahun 2012 karena saya sangat menyukainya. Jangan jauh-jauh, bahkan trailer nya lebih mengundang dan menyeramkan dibandingkan keseleruhan film yang untungnya hanya berjalan selama 73 menit. Saya hanya bisa menganga setelah film ini berakhir.

Overall, “The Apparition” sudah salah semenjak di awal film. Akting dari keseluruhan cast tidak ada yang harus dibanggakan. Akting dari Tom Felton sudah kelewat buruk. Ditambah lagi dengan Sebastian Stan yang sepertinya sangat awkward memainkan peran nya disini. Dan Ashley Greene yang saya anjurkan untuk bertahan saja di Twilight. Namun, Twilight sudah berakhir. Maka itu ia akhirnya tebar pesona di dalam filmnya ini yang pada akhirnya mendapatkan makian akan akting-nya yang luar biasa sempurna lucunya. Walaupun memang keseksian nya tidak usah diragukan lagi. Saya bahkan memilihnya dibandingkan Megan Fox. Bahkan ekspresi-ekspresi tidak bisa ia mainkan. Julianna Guill sebenarnya mampu bermain dengan cukup baik, namun porsinya yang terlalu dikit tidak mampu membuatnya bersinar. Hampir mendekati “tidak layak tonton”. Namun setidaknya beberapa cara Todd Lincoln menakut-nakuti masih dibilang waras. Cukup lama untuk mencapai momen-momen yang menegangkan. Ending-nya sebenarnya yang membuat “The Apparition” menjadi sangatlah buruk. Saya tidak tahu bahkan apa yang ingin diceritakan Todd Lincoln. Ya, menghibur untuk orang-orang penakut. Salah satu alasan saya untuk tetap bertahan menontonya hingga habis adalah ending nya. “The Apparition” adalah contoh horror yang sangat mengecewakan. 

 

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s