Review: The Bay (2012)

 

Apa yang terjadi ketika tubuh kita tiba-tiba digerogoti oleh sebuah mahkluk menjijikan yang tidak dikenal jenisnya menggerogoti, memakan dan merangkak-merangkak di dalam tubuh kita? Kurang lebih seperti itulah yang digambarkan film ini. Sungguh menjijikan melihat dan menyaksikanya apalagi jika itu terjadi kepada kita sekarang dan kepada semua orang-orang disekitar tanpa ada bantuan sedikit pun. “The Bay” telah berhasil membuat saya mati ketakutan hanya karena mahkluk sialan itu. Dengan jajaran cast yang tidak begitu sering kita lihat, kecuali Kristen Connolly yang baru-baru saja tampil dalam The Cabin In The Woods“. Sepertinya saya tidak mempedulikan para pemainya karena saya sibuk sendiri menyaksikan manusia-manusia yang malang serta tubuh-tubuh bergelimpangan yang sampai akhir belum sempat terjawab dengan pasti apa sebetulnya yang terjadi.

 

“The Bay” mengisahkan tentang kejadian aneh yang terjadi di salah satu kota kecil di Maryland yang awalnya berasal dari dalam air yang membuat tubuh-tubuh orang yang sehabis terkena air menjadi seperti melepuh. Mereka merasakan kesakitan dalam tulang mereka. Beberapa tidak sanggup menahan sakitnya hingga tewas. Sampai banyak yang memakan daging mereka sendiri. Teriakan-teriakan meminta pertolongan terus terdengar. Dan kejadian yang mengerikan ini telah membunuh banyak sekali orang sehingga Chesapeake sepi bagaikan kota mati. Mereka yang mati mengatakan bahwa ada sesuatu yang menggerogoti tubuh mereka dari dalam tubuh mereka. Kejadian misterius ini telah membuat hari kemerdekaan 4 July menjadi begitu sepi, lack of fireworks.

“The Bay” memang tampil begitu mengerikan dari awal-awal film. Dan berjalan sedikit membosankan di pertengahan. Dan ending-nya yang sedikit mengecewakan pula. Namun, Barry Levinson berhasil membuat saya “parno” untuk mandi, minum dan apapun yang berhubungan dengan air. Memang terdengar sedikit berlebihan, tapi ketika anda telah menonton film ini dan mengetahui apa yang terjadi pasti akan merasakan apa yang telah saya rasakan. Tidak begitu peduli dari jajaran pemainya, karena itu semua telah tertutupi oleh kejadian di film ini yang sangat menjijikan. “The Bay” bukanlah menceritakan tentang alien yang datang ke bumi, atau virus zombie yang akan menyebar ke seluruh dunia. Ini sungguh berbeda. Tidak ada adegan penggal-penggalan kepala, adegan kaget-kagetan dan bunuh-bunuhan. Dan tidak ada adegan sadis yang akan membuatmu nyeri. Namun, yang telah disajikan dalam kurang lebih 79 menit adalah bagaimana orang-orang satu per satu tewas mengenaskan dengan sebagian anggota tubuhnya yang seperti telah dirobek-robek.

“The Bay” tidak berjalan mulus. Seperti dari ending-nya saja. Seperti tidak ada penjelasan secara jelas apa yang sebenarnya terjadi. Dan itu semua sangat disayangkan dimana beberapa menit sebelum ending adalah menit-menit menegangkan sekaligus mengerikan di keseluruhan filmnya. Dan mockumentary horror ini jelas sedikit berbeda dimana ia tidak menggunakan pembunuh bertopeng atau hal-hal lainya. Air yang membunuh orang-orang disekitarnya. Dan hal ini jauh lebih mengerikan dibandingkan hantu-hantuan dan pembunuh-pembunuh yang berada di berbagai film-film sekarang. Saya suka bagaimana film ini mengamil beberapa video-video pendek bagaiman mereka menunjukkan bagian-bagian tubuh mereka yang seperti melepuh dan bagaimana mereka mencoba untuk bertahan dari kesakitan yang mereka derita. Dan saya juga menyukai bagaimana Barry Levinson menyimpan Kristen Connolly dan suami-nya di akhir film bagaikan “the last best victim” yang pastinya lebih menegangkan dibandingkan semuanya. Well, “The Bay” adalah sebuah film yang jauh dari kata mengecewakan dan Barry Levinson telah mengemas “The Bay” menjadi begitu menyeramkan dan menakutkan tanpa harus ada adegan bunuh-bunuhan yang sadis.

 

 Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s