Review: The Hunger Games (2012)

The Hunger Games adalah film adaptasi dari novel karya Suzanne Collins yang sering diperbincang- kan belakangan ini. Setelah beredar kabar bahwa The Hunger Games akan dibuat menjadi bentuk film, saya sedikit khawatir. Sebab, tak semua film adaptasi berjalan lancar(Re: Twilight). Dan buku trilogi ini memang sangatlah rumit. Jadi, sebelum saya hendak untuk menonton filmnya yang sudah beredar sejak awal maret lalu. Saya akan menaruh ekspetasi setinggi mungkin. 

 


The Hunger Games menceritakan tentang sebuah negara bernama,Panem yang dibagi menjadi 12 distrik. Sejak pemberontakan yang dilakukan terhadap Capitol, Pemerintah mulai merencanakan untuk mengadakan THE HUNGER GAMES. Setiap distrik diwajibkan untuk menyediakan 2 remaja laki-laki dan perempuan untuk bertarung. Dan hanya tersisa satu pemenang pada akhirnya. Ya, film ini memiliki plot yang sangat menarik. Dan THE HUNGER GAMES ini dijadikan kesebuah acara live yang dapat ditonton oleh ke-12 distrik.

Namun, THG hanya memfokuskan terhadap satu distrik,yakni Distrik 12. Terpilihlah Katniss Ever-deen(Jennifer Lawrence) dan Peeta Mallark(Josh Hutcherson) yang akan mewakili distrik 12 dan hanya salah satu dari mereka yang akan kembali sebagai pemenang, jika memang merekalah pemeangn dari 24 remaja-remaja dari setiap distrik. Namun, mereka tidak berperang dengan tangan hampa, mereka dilatih oleh orang-orang yang telah memenangi permainan ini sebelumnya. Katniss dan Peeta jelas harus mempersiapkan diri mereka karena melawan 22 tributes itu tidaklah mudah.

 

Film ini adalah salah satu film favorite saya sepanjang umur saya. Sangat pas dengan selera saya. THG bukanlah film adventure biasa, ada pesan-pesan yang disampaikan secara halus. THG jelas salah satu film yang paling mendekati sempurna di tahun ini. Memang masih ada kekurangan- kekurangan di film ini. Namun, Gary Ross bisa menutupi nya sehingga para penonton terlupa dengan kekurangan yang sudah jelas diketahui dari awal film.

THG jelas memiliki ke-24 tributes yang sangat menarik. Wajah-Wajah berbeda dengan karakter masing-masing yang berbeda pula. The Hunger Games dengan pintarnya memiliki trailer yang sangat memancing para penontonya untuk menonton film ini. Dan pada hasilnya, sangat tidak mengecewakan. Dan 135 menit berlalu tak akan terasa karena begitu enjoy nya saya menonton film ini. Dan dengan berjalan nya film ini, kita dapat merasakan keberhasilan Gary Ross mengeksekusi film ini.

Sayangnya, The Hunger Games tidak sesadis yang saya pikirkan. Saya berharap bahwa ada adegan bunuh-bunuhan antar 24 tributes yang lebih sadis dan ditunjukkan satu-satu bagaimana matinya ke 23 tributes. Jelas setelah games ini dimulai, saya dapat merasakan ketegangan. Dan Gary Ross terus menerus mengagetkan para pecinta The Hunger Games dengan kejutan-kejutan yang belum pernah ada sebelumnya. Aksi-Aksi para tributes pun tak kalah menarik, yang paling mencuri perhatian saya dan berhasil membuat saya tegang adalah Anjing jadi-jadian yang berada hampir di ujung film ini.

 

The Hunger Games jelas didukung oleh akting para pemain yang cemerlang. Saya membicarakan tentang Jennifer Lawrence, liat saja cara dia bermain dan caranya berbicara. Begitu cool. Dan menurut saya Josh Hutcherson adalah artis yang tepat untuk Peeta Mellark. Walaupun umurnya sudah menginjak 20 tahun, tetapi siapa tahu? masih banyak kan penggemar-penggemar nya diluar sana. Dan tribuetes lainnya juga sangat mencuri perhatian, andai saja aksi-aksi lebih dipertunjukkan dengan frontal.
Overall, The Hunger Games adalah film yang sangat menarik dan sangat menghibur. Akan menjadi salah satu film 2012 favorit saya. Cerita yang sangat kuat dengan alur yang sangat berjalan lancar. Dan The Hunger Games tidak akan terasa sebagai film yang bertele-tele karena durasinya, namun durasi itu dibuat dengan sangat tepat. Memang, The Hunger Games bukanlah film yang sempurna. Lelucon yang disisipkan pun kebanyakan meleset dan tidak jadi membuat penonton ketawa. Dan kekurangan yang paling terpenting dari keseleruhan film ini,Chemistry.

Image

Leave a Reply

