Review: Jack The Giant Slayer (2013)

Dari Alice In The Wonderland (2010) karya Tim Burton yang katanya mengecewakan banyak orang itu, kemudian Hansel&Gretel:Witch Hunters, sampai Oz The Great And Powerful. Kali ini, giliran Bryan Singer yang membuat versi teranyarnya Jack And The Beanstalk, Jack The Giant Slayer. Bryan Singer, well know from Superman Returns (2005), Trilogi X-Men yang sangat berhasil, Valkyrie sampai Trick’r Treat, salah satu film horror underdog di tahunya dirilis. Bisa dibilang karya-karya Bryan Singer ini luar biasa. Ia berhasil menghasilkan sebuah karya luar biasa untuk trilogi X-Men, kemudian film “besar” seperti Superman Returns. Sayangnya, kali ini ia telah menggarap sebuah dongeng klasik Jack And The Beanstalk. Hasilnya, well…not bad. Tapi sangat jauh dari harapan saya. Bukan sebuah karya terbaik dari Bryan Singer. This might be the worst, to date. 

Jack The Giant Slayer mengisahkan tentang seorang petani Jack (Nicholas Hault) yang secara tiba-tiba bertemu dengan seorang Biarawan. Biarawan tersebut menginginkan kuda miliknya karena ia sedang dikejar oleh prajurit-prajurit istana. Ia menggantinya dengan sejumlah biji kacang. Biarawan tersebut menyarankan agar biji kacang tersebut tidak terkena air. Tiba-tiba, biji kacang tersebut jatuh ke tanah dan memumbuhkan sebuah pohon kacang besar. Sayangnya, Puteri sang Raja Isabelle (Eleanor Tomlinson) yang sedang berteduh di rumah Jack terbawa keatas langit. Hal tersebut membuat Jack harus membawa kembali Isabelle. Perjalanan membawa kembali Isabelle yang sangat menegangkan karena mitos yang ia percayai ternyata betul adanya. 

‘Jack The Giant Slayer’ tampak sangat menyenangkan di trailernya. Sangat lucu. Sayangnya, pintar sekali mereka mengambil beberapa potongan scene yang terbaik diantara keseluruhan filmnya. Sayangnya, ‘Jack The Giant Slayer’ hanyalah sebuah karya lain Bryan Singer yang menjadi karya terburuknya  sampai sekarang ini. Masih tidak percaya rasanya mengingat bahwa keberhasilan Bryan Singer sudah tak usah di sangkal lagi. ‘Jack The Giant Slayer’ tampil begitu melelahkan. Karakter didalamnya tidak ada yang menyenangkan, cenderung menyebalkan. Begitu pula sosok Jack yang menurut saya disini terlalu sok heroik. Dan karaker Isabelle yang terlalu polos. Sama seperti Oz The Great And Powerful, ‘Jack The Giant Slayer’ dibantu dengan visualnya yang menawan. Dan beberapa kali menampilkan sebuah gambaran yang sungguh indah. 

Kalau berbicara masalah komedinya, ‘Jack The Giant Slayer’ sama sekali tak bermasalah. Sudah untung ia berniat untuk tampil lucu dengan beberapa adegan yang membuat para raksasa terasa begitu tolol disini. Jika Oz The Great And Powerful sedikit terlalu ringan dan agak terlalu dikhususkan bagi anak-anak, ‘Jack The Giant Slayer’ justru cenderung agak sedikit lebih berat. Terlalu banyak adegan-adegan yang mungkin bikin anak-anak jika menontonya agak takut. Masalah akting, Nicholas Hault serta Eleanor Tomlinson yang mendapatkan porsi terbanyak disini cukup melakukan pekerjaan mereka dengan baik.  Entah ini hanya saya saja atau memang semua merasakan, ‘Jack The Giant Slayer’ terlalu bertele-tele. Apa ingin memanjang-manjangkan durasi agar atau bagaimana. 

Secara keseluruhan, untuk membuat dongeng klasik ke dalam layar lebar ‘Jack The Giant Slayer’ bisa dibilang mengecewakan. Seharusnya bisa tampil lebih megah lagi. Adegan aksi nya sebenarnya oke-oke saja, namun kurang gereget. Raksasa disini dibuat terlalu tolol dan terlalu mudah dibodoh-bodohi. Durasi yang seharusnya bisa dipersingkat lagi agar membuat ‘Jack The Giant Slayer’ sedikit lebih mudah dicerna. Sungguh membosankan di bagian awal, dan melelahkan untuk diikuti. Saya ingin cepat-cepat melihat akhir film nya yang walaupun saya sudah bisa menebak bagaimana ‘Jack The Giant Slayer’ akan berakhir. Dibalik kelemahanya tersebut, ‘Jack The Giant Slayer’ masih berhasil tampil baik di komedi nya. Dan Visualnya yang sungguh indah. ‘Jack The Giant Slayer’ masih terselamatkan oleh dua hal tersebut. Tidak buruk, namun sama sekali tidak ada yang baru dan spesial dari film ini.

 Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s