Review: LOL (2012)

Lol, Lol adalah kata yang sekarang sering sekali digunakan. “Lol” adalah singakatan dari Laugh Out Loud. Namun, “LOL” bagi film ini dijelaskan diawal bahwa “Lol” adalah singakatan dari Lots Of Love. Atau bahkan singkatan dari nama karakter utamanya, Lola? “LOL” adalah drama yang menitikberatkan hubungan antara ibu dan anaknya. Kemudian diselipkan dengan kisah percintaan yang klise. “LOL” pun berakhir sebagai film yang cukup. Tidak kurang, tidak lebih. “LOL” adalah film remaja yang terlalu biasa.

‘LOL’ mengisahkan tentang Lola (Miley Cyrus) dan ibunya, Anne (Demi Moore) yang selalu ada untuk sesama. Jika Lola membutuhkan ibunya, ibunya ada untuknya. Begitu pula sebaliknya. Pun begitu, mereka masih sering bertengkar karena berbeda pendapat. Terkadang Anne pun terlalu protektif terhadap anaknya yang sudah tumbuh dewasa tersebut. Lola yang baru putus hubungan dengan mantanya Chad (George Finn), sangat beruntung mempunyai teman-temanya Kyle (Douglas Booth), Emily (Ashley Hinsaw) dan Janice (Lina Esco) yang juga selalu ada untuk Lola. Di sekolah memang tak berjalan lancar, ketika ia mulai menyukai sahabatnya dan musuhnya sendiri Ashley (Ashley Greene) datang dan merebutnya.

‘LOL’ adalah film coming-of-age yang jauh dari sempurna, namun masih diyakini mampu dinikmati oleh beberapa remaja. Tontonan yang cukup ringan di tahun 2012. Bahkan hasilnya jadi sebuah film yang terlalu biasa. Well, seharusnya kita harus sudah sadar, film semacam ini tidak akan menjadi film yang menarik. Walaupun mendapatkan kritik pedas dimana-mana, ‘LOL’ masih mampu tampil dengan menghibur. Bahkan terkadang kritik-kritik pedas tersebut terlihat begitu berlebihan. Hasilnya, saya cukup menganggap bahwa ‘LOL’ adalah sajian yang masih mampu menghibur walaupun sudah agak basi.

Dari akting para pemainya, mulai dari karakter utama Miley Cyrus. Untuk pertama kalinya… Miley tidak bermain dengan menjijikan dan sok keren. Kali ini ia tampil seadanya. Ia tampil sebagai seorang gadis yang akan sangat mampu dirasakan oleh gadis-gadis di luar sana yang menyaksikan film ini. Demi Moore sebagai ibu, bermain dengan cukup. Jajaran pemain nya tidaklah begitu mengecewakan. Namun, lewat karakterisasi nya yang dangkal tersebut, membuat pemain disini menjadi kurang menarik. Douglas Booth pun tidak mampu bermain dengan baik. Terakhir, Ashley Greene. Masih belum mampu belajar berakting semenjak ‘The Apparition’ dan ‘Butter’.

Saya sedikit bingung dengan naskah ceritanya. Apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh film ini? Hubungan antara ibu dan anak, bukan? Namun, perlahan-lahan hal tersebut semakin hilang dari film nya dan film ini mulai menceritakan kisah percintaan sehingga kisah ibu dan anak yang sebenarnya mampu dikembangkan dengan baik menjadi bahan korbanan nya. Oke saja jika Lisa Azuelos menggarap kisah percintaan tersebut dengan baik, namun ini? Mungkin beberapa adegan-adegan manis masih mampu berhasil diselipkan. Namun, secara keseluruhan kisah percintaan nya sungguh basi. Dan saya tidak bisa hitung berapa banyak adegan ciuman yang ada di film ini. 

Secara keseluruhan, keunggulan utama nya adalah Liza Azuelos mampu menghadirkan sebuah kisah yang sungguh berkaitan dengan remaja-remaja sekarang ini. Dengan beberapa lelucon yang mampu dihadirkan dengan yah…lumayan. Dan Demi Moore juga Miley Cyrus mampu menciptakan sebuah chemistry yang utuh, yang natural. Sehingga ikatan antara ibu dan anak perempuanya begitu terasa. Dari awal sebenarnya “LOL” telah melakukan hal yang salah, seperti tidak fokus. Dan pada akhirnya, ending-nya luar biasa mengecewakan. Dengan sangat norak, berakhir sebagai ending yang sangat…err! Sangat norak. ‘LOL’ tetap adalah sebuah tontonan yang tidak seburuk orang-orang katakan. Namun terlalu biasa dan terlalu mudah untuk dilupakan.

Image

 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s