Review: Rise Of The Guardians (2012)

Mengingat sebuah film animasi, kita mempunyai film animasi yang tak mengecewakan di tahun 2012 silam. Sebut saja, ‘Brave’, ‘Frankenweenie’, ‘Wreck-It Ralph’ yang tampil memukau. Hadirnya film-film animasi lainya justru membuat persaingan menjadi lebih sulit lagi. Dan jujur saja, sangat sulit bagi ‘Rise Of The Guardians’ untuk tampil menjadi yang terbaik karena masih banyak film-film animasi lainya yang lebih baik dibandingkan ‘Rise Of The Guardians’. ‘Rise Of The Guardians’ mengambil kisah yang pure fairytale, menegenai Santa Claus, Easter Bunny, Sandman, Toothfairy dan Jack Frost. Diangkat dari buku berjudul ‘The Guardians Of Childhood’ dan dengan trailer yang sangat mencuri perhatian, apakah ‘Rise Of The Guardians’ mampu membuat penonton percaya akan adanya mereka semua?

‘Rise Of The Guardians’ dibuka dengan bangkitnya Jack Frost (Chris Pine) dan ia mulai tersadar bahwa ia bukanlah manusia seperti biasa. Ia terkejut melihat orang-orang yang tidak bisa melihatnya. Di sisi lain, Santa Claus (Alec Baldwin), Easter Bunny (Hugh Jackman), Toothfairy (Isla Fisher) dan Sandman yang dikejutkan oleh keputusan Man In The Moon untuk memilih seorang Guardian lagi, dan Man In The Moon memilih Jack Frost. Dan Man In The Moon memilih seorang Guardian karena ada sebuah ‘pusat’ yang menjadi alasan mengapa mereka semua terpilih menjadi seorang Guardian yang ditugaskan untuk menjaga anak-anak kecil agar tetap selalu aman, bahagia dan juga mempercayai mereka masing-masing.

‘Rise Of The Guardians’ sama sekali tidak buruk. Namun, sayang sekali ketika filmnya berakhir, saya kurang mendapatkan humor nya sebagai sebuah film animasi yang pastinya akan banyak dinikmati oleh para anak-anak kecil yang mungkin saja masih percaya kepada Santa Claus, Easter Bunny, Sandman, Toothfairy atau bahkan Boogieman. Film ini jelas telah mengajarkan banyak kepada para penonton, dengan pesan-pesan singkat tersebut yang membuat ‘Rise Of The Guardians’ begitu sulit untuk dilupakan. ‘Rise Of The Guardians’ pun cenderung tampil lebih dewasa dibandingkan film-film animasi lainya. Namun, hal tersebut tidak mampu membuat ‘Rise Of The Guardians’ tampil mengecewakan. Malahan, hal tersebut sangatlah baik karena ‘Rise Of The Guardians’ akan lebih mudah dinikmati oleh orang-orang yang bisa dibilang bukan anak-anak lagi. 

Dengan visual yang sungguh indah. ‘Rise Of The Guardians’ berhasil tampil dengan indah. Tidak ada yang istimewa dari jalan penceritaanya. Kita akan tahu bagaimana ‘Rise Of The Guardians’ akan berakhir. Menjadi sebuah film animasi dengan ending yang terlihat terlalu kelihatan. Dibalik kekurangan-kekurangan diatas, ‘Rise Of The Guardians’ tetaplah sebuah film animasi yang menyentuh. Dan adegan aksi nya yang luar biasa. ‘Rise Of The Guardians’ selalu tampil memukau dengan adegan aksi nya yang anda sudah tahu pasti sosok karakter portagonis melawan karakter antagonis yang pastinya akan dimiliki oleh semua film-film animasi. Berhasil tampil emosional di beberapa bagian terutama endingnya, ‘Rise Of The Guardians’ tersentuh akan kuatnya makna dari film ini dan arti sepenuhnya dari film ‘Rise Of The Guardians’ ini.

Secara keseleruhan, ‘Rise Of The Guardians’ adalah sebuah cerita dongeng yang begitu indah dan menyentuh tiap hati penontonya. Jauh dari kesan sempurna, namun dibalik kekurangan-kekuranganya tersebut masih ada pula kelebihan yang begitu mencolok yakni bagaimana ‘Rise Of The Guardians’ tampil dengan begitu mudah untuk dinikmati dibalik tidak istimewanya jalan cerita yang dimiliki ‘Rise Of The Guardians’. Dan setiap pengisi suara seperti Chris Pine, Hugh Jackman, Alec Baldwin dan Isla Fisher telah melakukan pekerjaan masing-masing dengan cukup baik. ‘Rise Of The Guardians’ adalah sebuah film animasi yang menyentuh dan indah dari segi visual. Film ini tidak mengajarkan anda dan menyuruh anda untuk harus mempercayai tiap karakter di dalamnya, tapi menyampaikan sebuah pesan bahwa anda harus percaya dengan sesuatu yang benar, bukan sebaliknya. Legends unite, indeed!

Image

 

 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s