Review: This Is 40 (2012)

Saya pertama mengenal ‘This Is 40’ dari kabar yang katanya film ini menyindir keluarga Kardashian. Dan sekilas review-review yang mengatakan bahwa ‘This Is 40’ memang lucu. Untuk kedua kalinya, Judd Apatow kembali menawarkan sebuah kisah hidup tentang Debbie dan Pete. Dimana ia juga sempat mengeksekusi sebuah film berjudul ‘Knocked Up’. Tidak yakin bahwa hasilnya akan sama-sama mengesankan. Namun, secara keseluruhan ‘This Is 40’ sama sekali bukanlah film yang mengecewakan. Namun salah satu film yang cukup sulit untuk dinikmati oleh orang-orang yang tidak menyukai film sejenis karena durasinya.

This Is 40 mengisahkan tentang Debbie (Leslie Mann) yang baru menginjak usia ke 38. Dan suaminya Pete (Paul Rudd) yang telah menginjak usia 40. Di usia nya yang sudah tidak muda lagi, Debbie masih asyik melakukan hal-hal yang sangat jarang dilakukan oleh seorang ibu berumur 38 tahun. Kemudian, Debbie dan Pete membuat beberapa kesepakatan untuk sebuah hidup yang sehat untuk tahun-tahun berikutnya. Mereka berdua yang masih ingin tampil muda tersadar bahwa mereka bukanlah contoh orang tua yang baik bagi kedua puterinya Sadie (Maude Apatow) dan Charlotte (Iris Apatow). Mereka juga belajar untuk mempercayai sesama dan mulai menjalani kehidupan baru yang lebih menyegarkan.

Seperti yang telah saya katakan, durasinya memang sedikit bermasalah. 126 menit lamanya untuk sebuah drama/comedy simpel? Memang sedikit berlebihan. Dalam 10 menit pertama, kita langsung bisa tahu bahwa keluarga ini berada dalam masalah. Momen-momen terkuat justru bukan terletak dari ending, dimana kebanyakan film sejenis ini memang kuat di ending-nya. Momen terkuat jatuh kepada pembukaan nya dan seterusnya. ‘This Is 40’ adalah sebuah film komedi yang cukup menyegarkan.

Pemain-pemainya tidak bisa dibilang mengecewakan, namun tidak membanggakan pula. Leslie Mann seperti menahan sesuatu jika berbicara, dan Paul Rudd seperti terlalu dibuat-buat. Namun, mereka tampil dengan sangat serasi jika disatukan. Maude Apatow sebagai Sadie bermain dengan cukup baik sebagai seseorang yang cukup tersiksa dengan keadaan disekitarnya. Dan Iris Apatow juga bermain dengan cukup meyakinkan. Megan Fox sebagai Desi hanya sebagai tempelan disini. Saya tidak yakin jika ia berakting. Untung saja ia diberikan porsi yang begitu sedikit. Begitu pula dengan Jason Segel yang cukup menganggu. Tidak ada yang cukup dibanggakan oleh jajaran-jajaran pemain. Namun tidak mengecewakan pula.

‘This Is 40’ memang memiliki beberapa momen-momen yang mampu mengundang tawa. Seperti bagaimana Pete memberikan jari tengahnya kepada Debbie karena begitu kesal. Dan bagaimana ‘This Is 40’ menyindir orang-orang seperti Justin Bieber. Dan bagimana Debbie berbicara dengan laki-laki di sekolahnya tersebut. Itu benar-benar membuat saya tertawa lepas. Dan yang terakhir, jangan ketinggalan munculnya Melissa McCarthy dengan ‘ let’s go! let’s go! let’s go!’ nya. ‘This Is 40’ memang menang di beberapa adegan yang sangat mampu mengundang tawa. Walaupun masih ada pula adegan yang garing. 

Secara keseluruhan, ‘This Is 40’ cukup baik jika disaksikan bersama teman-teman. Karena kandungan nya yang sedikit dewasa, ‘This Is 40’ akan tidak disukai banyak orang. Dengan rentetan adegan lucu yang mampu mengundang tawa. ‘This Is 40’ adalah real life issues yang akan dimengerti banyak orang. Dimana usia adalah segalanya. ‘This Is 40’ memang bukanlah sebuah komedi yang sempurna, mendekati pun tidak. Namun, ‘This Is 40’ boleh saja dikatakan sebagai komedi penutup tahun 2012 yang menghibur.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s