Review: Get M4RRIED (2013)

Image

Alasan mengapa Get Married diterus-teruskan pasti karena film ini berhasil menarik banyak sekali penontonya dan dengan mudahnya menerobos kedalam Box Office Indonesia setiap tahun film ini dirilis. Mulai dari Get Married, cerdas, lucu, menghibur dan menyenangkan. Kemudian, Get Married 2 yang sedikit terlalu dipaksakan kehadiranya dan komedinya tidak berjalan dengan natural. Terlalu banyak hal yang dibuat-buat. Kemudian, Get Married 3, yang menurut saya sangat kehilangan chemistry antara Randy dengan Mae. Dan dalam Get Married 3, semuanya serba terpaksa dengan kualitas film itu sendiri yang semakin lama semakin menurun. Kemudian, ketika mengetahui bahwa sekuel nya akan dibuat kembali oleh Monty Tiwa yang berhasil menggarap Test Pack: You’re My Baby tahun lalu, Get M4RRIED kembali hadir dengan cerita yang baru lagi. Dan kembali lagi, Get M4rried berhasil mencuri perhatian penonton Indonesia dengan meraih penonton sebanyak 300.000 lebih. Sama sekali tidak mengecewakan. Berada di posisi ketiga untuk tahun ini. Dan, sangat berpotensi untuk sekuel ke-limanya. Saya akan sangat sabar menunggu.Get M4rried mengisahkan tentang Mae (Nirina Zubir) dan Randy (Nino Fernandez) yang sudah menikah dan memiliki segalanya. Mereka mempunyai tiga anak yang lucu-lucu. Bisa dibilang Mae sudah hidup bahagia bersama Randy. Dalam ulang tahun anaknya Mae, Mae dikejutkan dengan Sophie (Tatjana Saphira) yang akan segera menikah. Mae sama sekali tidak menyetujui keputusan Sophie untuk cepat-cepat menikah. Mae meminta bantuan teman-teman Mae yakni Eman (Amink), Beni (Ringgo Agus Rahman) dan Guntoro (Desta). Walaupun Kim sudah memiliki semua yang perempuan zaman sekarang butuhkan, yakni Ganteng, Gagah dan Wangi. Masih ada satu yang kurang, yakni Rajin Sholat. Karena hal ini, Eman, Beni dan Guntoro memutuskan untuk mencarikan Sophie calon suami yang lain meskipun Sophie ingin menikah pada umur 16 tahun. Akhirnya, mereka bertemu dengan Jali (Ricky Harun) dengan tidak sengaja.

Mae yang juga berusaha untuk menghentikan Sophie untuk menikah dengan begitu cepat bertemu dengan teman Sophie bernama Max (Ajun Perwira) yang naksir dengan Mae. Konflik mulai bermunculan ketika Mae mulai merahasiakan berbagai hal kepada Randy dan ketika Max mulai berhubungan dengan Mae. Hal ini membuat Randy panas dan ketakutan. Di sisi lain, Sophie dan Mae membuat perjanjian dan Sophie rela untuk tinggal bersama Ibu (Meriam Bellina) dan ayah (Jaja Miharja) Mae. Walaupun tersiksa, hal ini membuat Sophie lebih dekat dengan Jali. Keberadaan Jali yang begitu dekat dengan Sophie membuat Sophie galau apakah ia akan melanjutkan perkawinan nya dengan Kim atau ia memutuskan untuk memberi kesempatan kepada Jali yang terus berada di sisi Sophie setiap saat. 

Get M4rried adalah sebuah karya Monty Tiwa yang sangat layak mendapatkan sebuah pujian lebih. Saya merasa bahwa Get M4rried tidak mendapatkan credits yang seharusnya film ini dapatkan. Get M4rried berhasil menghadirkan semua hal-hal yang hilang dari seri kedua dan ketiga nya dan kembali menghadirkan semua yang dihadirkan dari seri pertamanya yang membaut Get M4rried hadir dengan begitu menghibur. Pembagian kelas sosial yang hilang dari seri kedua dan ketiga nya kembali kita rasakan. Dan beberapa sarcasm yang diucapkan dari beberapa karakter didalamnya yang sangat bekerja dengan baik. Get M4rried adalah kembali menghadirkan formula yang sama dengan seri pertamanya.

Get M4rried juga didukung oleh akting para pemainya yang sangat jempolan. Nirina Zubir, kembali berkating dengan total dan berhasil membuat saya tertawa terbahak-bahak dengan gayanya tergila-gila dengan Kim. Nino Fernandez, surprisingly awesome. Nino Fernandez memang tak pernah akting mengecewakan. Ia membuktikan bahwa mempunyai tampang saja tidak cukup dan dalam Get M4rried, ia berhasil tampil dengan akting layaknya pemain-pemain papan atas. Amink, Ringgo dan Desta juga tampil sangat menghibur. Apalagi, Amink yang berhasil tampil sebagai Amink yang menghibur. Bukan Amink yang annoying layaknya di film ketiganya. Walaupun mereka bertiga mendapatkan porsi yang begitu minim, namun setiap kali wajah mereka muncul, mereka mampu memanfaatkanya dengan baik dan tampil dengan sangat-sangat total. Meriam Bellina, Jaja Miharja dan Ira Wibowo juga tampil dengan sangat baik. Tidak mengecewakan. 

Tatjana Saphira dan Ricky Harun. 2 pemain baru yang tampil jauh lebih menghibur dari yang saya kira. Ya, walaupun saya lebih memilih Kimberly Ryder karena saya yakin Kimberly akan jauh lebih pas dan cocok memainkan karakter Sophie dibandingkan Tatjana Saphira yang terkadang akting nya sedikit dipaksakan dan akting ketawanya dan akting tergila-gila nya terhadap Jali sedikit terlalu berlebihan. Namun, chemistry yang terjalin antara Tatjana Saphira dan Ricky Harun berjalan dengan sangat baik. Begitu pula chemistry Nino Fernandez dengan Nirina Zubir. Kehilangan ini dari seri ketiga-nya, ketika Randy diperankan oleh Fedi Nuril. Tidak lupa pula dengan cameo yang hadir dengan begitu menghibur seperti Tora Sudiro, Donny Alamsyah, Ichsan Akbar, Arie Daginkz, Chika Jessica, Dahlia Poland dan Epy Kusnandar.Image

Konflik yang dihadirkan seri keempatnya ini begitu beragam. Begitu banyak konflik yang sebenarnya sangat membantu film ini sendiri agar tidak berakhir dengan datar dan mudah dilupakan. Dalam durasinya yang bisa terbilang sedikit lebih panjang dibandingkan film-film Indonesia lainya, Monty Tiwa cukup efektif dalam menghadirkan durasi yang panjang namun  dengan alur yang cepat dan jalan penceritaan yang mudah diikuti oleh penonton-penontonya. Jika adapun kekurangan dalam Get M4rried, ada beberapa bagian yang seharusnya tidak diikutsertakan atau dihilangkan saja. Do we really need to see Ajun Perwira and Nirina Zubir in the Waterworld for that long? Untuk memanjang-manjangkan durasi? Atau  bagaimana? Dan juga beberapa komedi nya yang terkadang dapet, namun terkadang juga agak sedikit garing.

Secara keseluruhan, I’ve been waiting for so long to watch such a smart, fun, enjoyable and entertaining movie like this. Get M4rried adalah sebuah contoh film Indonesia yang tampil dengan sisi komedi nya yang menghibur, akting pemain nya yang luar biasa serta chemistry para pemainya pula, dengan konflik yang lebih beragam dan juga beberapa candaan yang menyangkut Stratifikasi sosial dan differensiasi sosial yang dibalut dengan cukup cerdas oleh skrip arahan Cassandra Massardi. Dan menyadarkan kita bahwa Get M4rried mungkin seri paling menghibur dari keempat-empatnya. Sebuah film yang sangat mengejutkan bahwa Get M4rried bisa semenyenangkan ini untuk dinikmati. Walaupun berharap bahwa Mae dan Randy disini bisa tampil lebih intim lagi, Get M4rried menjadi salah satu film komedi yang paling menghibur yang disajikan belakangan ini. Dan juga dengan penampilan dari Slank yang masih saja menghibur layaknya di seri pertamanya. This time, Monty Tiwa got it right!

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s