20 AUDISI TERBAIK INDONESIAN IDOL 2014

Auditions Is Over! Akhirnya tahap Audisi sudah selesai. Dengan 5 kota, Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Yogyakarta. Indonesian Idol 2014 juga menambah warna-warna baru seperti menambah cara-cara baru seperti “I Want You”, “Bus Audition”, “Idol Dream Box”, “Daniel’s Choice” yang pastinya merupakan sebuah kesegaran tersendiri bagi franchise ini. Saya personally sih suka sekali dengan “Idol Dream Box”. Mereka juga menambah SIlver Ticket bagi orang-orang yang lolos dari keempat cara tersebut. Tidak cuma itu, Indonesian Idol 2014 juga punya pergantian juri yang menurut saya agak mengecewakan. Anang, saya selalu suka dengan Anang dan segala komentar-komentarnya. Anang itu ibaratnya Simon Cowell nya American Idol. Being harsh is something a must for him. Ia juga berkomentar masuk akal. Selain itu ada Ahmad Dhani, saya paling tidak suka dengan cara Dhani mengomentari kontestan. Menurut saya, why waste so much money on Dhani when you can get much better judges? Menurut saya, cara dia say “YES” untuk kontestan yang bisa menyebutkan 10 nama penyanyi tanpa kontestan tersebut harus bernyanyi sangat tidak masuk akal. Walaupun sebenarnya niatnya baik hanya untuk memberi tahu bahwa pengetahuan dan wawasan luas itu harus dimiliki oleh kontestan Indonesian Idol 2014.

Kemudian, ada Titi DJ. Titi DJ menjadi juri terlama untuk menjadi seorang Juri dalam Indonesian Idol dengan total 5 tahun. Saya sih sudah lupa tepatnya bagaimana Titi mengomentari para kontestan, namun dari Audisi ini Titi yang paling konsisten. When she look a potential, she’ll say yes to it. Berbeda dengan Ahmad Dhani yang gak jelas dan Anang yang punya standar sendiri yang terkadang telralu tinggi sebenarnya jadi ia sering say NO karena standar yang ia buat sendiri. I look forward to see her judging. Juri keempat adalah Tantri. Tantri itu JLo dan Paula Abdulnya Indonesia. Terlalu sulit untuk berkata “tidak” kepada kontestan walaupun kontestan nya benar-benar buruk. Mungkin ini karena kali pertamanya ia menjadi seorang juri. Guest Judges nya menurut saya sangat bervariasi. Dan mengadakan berbagai juri tamu disini sangatlah penting sehingga penonton tidak kebosanan dengan juri yang itu-itu saja. Apalagi dengan tambahan juri seperti, Indra Lesmana, Raisa, Delon, Cakra Khan dan Astrid Kotak. Menurut saya itu adalah hal yang sangat penting bagi franchise ini. Audisi berakhir tentu banyak yang harus diperbincangkan, apalagi untuk para kontestan dengan audisi terbaik. Berikut ini adalah ke-20 audisi terbaik Indonesian Idol 2014:

20. Christoph Marbun – Marry Your Daughter (Jakarta)

Walaupun Christopher mendapatkan porsi yang dikit dalam video audisi ini, Christopher berhasil memberikan sebuah penampilan “Marry Your Daughter” dengan tone yang sangat indah dan dengan versi nya yang menurut saya lebih calm dan lebih tersampaikan semua isi lagunya. Christopher punya potensi dan tentu punya kesempatan buat maju lebih jauh lagi. He’s gonna go far. 

19. Chelsea Hadi – Listen (Medan)

Chelsea Hadi bisa saja jadi early favorite nya banyak orang. Karena dengan umurnya yang masih muda, Chelsea bisa menyanyikan salah satu lagu tersulit, “Listen”. Yang kurang mungkin feeling dan penjiwaan yang menurut saya sangat betul-betul hilang dan tidak ada. Karena, jika ia tidak betul-betul menaruh hati dan jiwa nya kedalam lagu yang akan ia nyanyikan, ia akan sangat sulit untuk mengintrepretasikan sebuah lagu dan untuk menaruh hati kedalam lagu itu guna untuk menyampaikan pesan dalam lagu tersebut.

18. Adinda WIndy – Cinta Mati (Malang)

Sepertinya Adinda Windy tidak mendapatkan begitu banyak screentime. Namun, menurut saya, orang yang mendapatkan porsi yang sangat sedikit dalam sebuah ajang pencarian bakat akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari orang yang mendapatkan porsi besar. Karena, jika mereka memiliki penampilan yang baik pada babak-babak berikutnya, mereka akan mengejutkan penonton dan penonton akan otomatis tertarik dan langsung jatuh cinta dibandingkan mereka yang mendapatkan pimp spot namun penonton sudah berekspektasi lebih dan akhirnya mereka gagal memuaskan penonton. Adinda Windy menyanyikan lagu “Cinta Mati” dengan merdu dan saya selalu suka vibrato sepertinya.

17. Aline Verena – That 10 Songs (Bandung)

Aline Verena memang tidak terlalu disukai dengan banyak orang. Namun, saya sungguh berharap bahwa ia akan terus maju ke babak berikutnya. She got the pizzazz dan menurut saya hal tersebut sangat diperlukan dalam lagu-lagu guna untuk mendalami arti dari lagu tersebut. Dari 10 lagu tersebut, Aline Verena berhasil memberikan sebuah bagian-bagian lagu dengan berhasil tanpa ada kendala. Kalau ia memilih lagu yang tepat pada babak-babak berikutnya, ia akan terus maju dan mungkin saja menang.

16. Aksha Rinelsya – Geek In The Pink (Surabaya)

Saya selalu suka dengan suara serak-serak seperti Aksha. Ini baru lagu Jason Mraz namun ia bisa membuat lagu ini menjadi milik dia sendiri dengan cara ia bernyanyi dan dengan idenya dan rendisi dia sendiri. Aksha sungguh berpotensi menjadi salah satu front-runner dari audisi hingga Live Shows. Consistency is the key. I believe she got the consistency factor in her.

15. Andini Anastasia N – Satu Jam Saja (Malang)

Satu Jam Saja adalah lagu dangdut. Dan jujur saya versi original nya sungguh menggelikan. Namun, Andini bisa mengubah lagu original tersebut 360 derajat dan membuat lagu ini menjadi asik, menyenangkan dan catchy. Dan dengan suaranya yang lembut, Andini harus betul-betul tahu bagaimana menggunakan feeling ke dalam sebuah lagu sehingga semua pesan tersampaikan. Karena, tampaknya ia belum terlalu mendalami penjiwaan yang seharusnya sudah ia persiapkan untuk ajang pencarian bakat terbesar di Indonesia.

14. Giofanny Elliandrian A – Creed (Jakarta)

A little bit of sob story which kinda annoys the crap out of me. Namun, misinya mulia, hanya ingin menafkahi keluarganya. Dan dengan jujur ia berkata bahwa ia belum mendapatkan pekerjaan dan menurut saya jika passion nya akan selalu ada di nyanyi dan ia terus-terusan bernyanyi dengan baik, Giofanny bisa menjadi frontrunner untuk tahun ini. Got the look, got the confidence.

13. Timotius P – If Tomorrow Never Ends (Surabaya)

Our country guy! Salah satu favorit saya, karena ini untuk pertama kalinya seorang penyanyi country audisi untuk indonesian Idol. Indonesian people loves unique singers. Sebut saja, Non Dhera yang pas-pasan namun karena ia unik jadinya ia menjadi salah satu favorit penonton Indonesian Idol. Menurut saya, Timotius P mendapatkan begitu banyak keuntungan karena apa yang ia sajikan akan menjadi sesuatu yang unik dan yang belum pernah penonton Indonesia saksikan sebelumnya. Dan banyak sekali pilihan-pilihan lagu untuk Timotius. Eventhough he’s the most polarizing contestant yet so far, i honestly think that he will get deep into this competition.

12. Olivia Christina – At Last (Jakarta)

Entah mengapa Olivia Christina mempunyai root quality di dalam dirinya. Dan entah mengapa saya begitu menyukai dengan suaranya. Dan tampak sekali kalau ia memiliki wawasan yang begitu luas akan musik karena lagu yang dipilihnya bukanlah lagu biasa dan menurut saya ia took a risk by chosing a really hard song and a rare choice for someone who is going to audition for the show. Akan menjadi top contender kalau ia sudah betul-betul in the competition mode.

11. Theofilius Rarasen A – Jika Engkau (Jakarta)

Kontestan yang kata Titi DJ lebih ganteng dari Ariel NOAH. Hm…TIdak juga. Theofilius Rarasen bukan hanya fans nya NOAH. Karena dari awal ia memang memilih lagu “Andaikan Kau Datang Kembali” yang menurut saya terlalu medioker dan kemudian ketika ia mulai disuruh menyanyikan lagu-lagu Ariel, saya langsung mulai terkejut karena semua lagu yang ia nyanyikan sangat pas buat suaranya. Namun, ia harus betul-betul membersihkan dan menghapus cap “Ariel” dari dalam dirinya sehingga orang tidak terus-menerus membuat standar bahwa ia harus bernyanyi seperti Ariel karena jelas, ia bukanlah Ariel Noah.

10. Ryan De Angga – Love On Top (Bandung)

Definitely one of my favorites! Namun, masih banyak standouts lainya yang jauh lebih memukau. Ryan is a student. Menurut saya, jika kontestan yang audisi sekitar umur 16-22 tahun, mereka memiliki pengetahuan yang lebih untuk lagu yang current. Karena untuk acara ini, jika mereka bernyanyi lagu-lagu current, itu akan sangat membantu mereka dalam kompetisi ini. Karena penonton akan lebih menyukai hal itu. Dalam audisi ini, Ryan De Angga mengambil risiko untuk bernyanyi sebuah lagu Beyonce yang biasanya dinyanyikan oleh wanita namun ia bisa membuat versinya sendiri begitu nyaman dan enak didengar.

9. Maesarah Nur – Love On Top (Bandung)

Ugh! So many Love On Top. Entah mengapa orang-orang ini menyanyikan sebuah lagu yang sangat sulit. So many risk takers in this show. Maesarah nur awalnya bernyanyi hanya chorus nya saja tanpa menyanyikan five key changes tersebut. Namun saya berpikir, “Buat apa menyanyikan sebuah lagu Love On Top kalau tidak ada hal tersebut?” bagi perempuan. Karena cukup impossible untuk seorang laki-laki menyanyikan Love On Top dengan five key changes. Dan kemudian, dengan muka yang sungguh ketakutan dan dengan ketidakyakinan yang tampak di wajahnya, Maesarah Nur pun menyanyikan ulang dengan five key changes yang menurut saya hit and miss. Hampir miss. Kadang terlalu tajam. Namun, sangat bangga dengan effort yang ia taruh dan dengan sauranya yang memang sudah merdu dari sananya.

8. I Gusti Shelly – Kantoi (Yogyakarta)

Ah akhirnya! Saya selalu suka penyanyi dengan sentuhan jazz seperti I Gusti Shelly. Dan salah satu lagu favorit saya, “Kantoi”!! I Gusti Shelly memberikan sebuah penampilan yang cukup mencuri perhatian. Dan dengan gaya pramugarinya. Seorang pramugari yang rela meninggalkan sekolah pramugari nya demi Indonesian Idol atau demi mengejar mimpinya. Sounds really ambitious, but ambitious sometimes what makes you furhter in the competition. Saya lupa salah satu kata para juri kalau I Gusti Shelly harus lebih percaya diri. Namun itu benar sekali. Ia harus percaya pada dirinya sendiri dan jika hal tersebut telah dicapai. Ia akan menjadi salah satu top contnder.

7. Riska Aprilita – Inikah Cinta (Bandung)

Riska Aprilita dengan cepatnya dan dengan mudahnya menjadi kontestan favorit semua penonton setia Indonesian Idol. Suaranya sangat asik, calm dan steady. Ia bisa memberikan sebuah rendisi yang berbeda-beda pada setiap lagu yang akan membuat penonton akan terus tertarik. Penampilanya sangat santai dan sangat meng-enak-kan. Riska Aprilita juga mempunyai root factor yang membuat penonton dengan mudah jatuh cinta dengan apa yang ia sajikan.

6. Indra Wijaya – Blurred Lines (Malang)

Saya selalu suka dengan returnees. Saya lupa-lupa ingat dengan Indra Wijaya pada season lalu. Tetapi, yang penting ia kembali dan memberikan sebuah penampilan pada audisi yang sangat enjoyable. Kalau bisa menyanyikan lagu Robin Thicke terutama “Blurred Lines” dengan enak dan menyenangkan untuk dinikmati, pasti menyanyikan lagu lainya akan lebih enak dan menyenangkan. WGWG nya Indonesia.

5. Reinata S – When You Wish Upon A Star (Malang)

Didaftarkan oleh temanya sendiri. Katanya pemalu. Kelihatan sih. Menyanyikan lagu Disney harus super enak dan harus benar-benar dapet. Jika tidak, maka semuanya akan sia-sia dan jadinya agak gak penting. Dengan suara merdu yang cenderung ke seriosa, mengingatkan saya pada Diana season 6. Reinata memiliki sebuah root factor apalagi dengan wajahnya yang imut itu. Sangat-sangat berharap jika Reinata S terus maju ke babak selanjutnya karena penasaran dengan apa yang akan ia berikan kepada penonton.

4. Yuka Tamada – My Cherie Amour (Bandung)

I love the style, the looks, the voice, the songchoice, everything! Yuka Tamada membuat saya tergila-gila pada saat ia mengeluarkan suara merdunya tersebut. Saya sih suka dengan lagu “My Cherie Amour” sehingga membuat saya begitu menyukai penampilan Yuka Tamada dengan permainan gitar nya yang memang sudah terasah. Really really hope she goes far in the competition.

3. Yusuf Ubay – Everybody Has A Dream (Yogyakarta)

Menurut saya ini adalah satu dari sekian banyaknya Daniel’s Choice yang memang bener-bener bener. Yang betul-betul seorang penyanyi yang akan melaju ke babak selanjutnya. Sebuah pemain saxophone. Bermain saxophone nya sih sungguh asyik dan  sangat santai. Kemudian, ia bernyanyi sebuah lagu Billy Joel yang menjadi salah satu favorit saya setelah “Vienna”. It completely blows my mind. Just beautiful. Yusuf Ubay mempunyai potensi karena jika ia bernyanyi dengan bermain saxophone pada satu performance, magical things happens.

2. Putri Rama – Through The Fire (Jakarta)

Chaka Khan memiliki vokal yang sangat-sangat gila. Dan lagu-lagu nya akan menyamai kualitas vokalnya juga. Putri Rama dengan berani menyanyikan sbeuah lagu Chaka Khan dan betul-betul tahu bagaimana membuat lagu tersebut menjadi sebuah lagu yang sangat pas untuk ia nyanyikan. Dan dengan nada tinggi yang begitu indah ia nyanyikan. Putri Rama adalah sebuah kontestan jempolan yang benar-benar tidak main-main dengan Indonesian Idol. Muda, cantik, vokalnya oke, jelas adalah sebuah Idola Indonesia.

1. Indah Nevertari – Man Down (Medan)

Saya sih sebenarnya cukup kaget karena tidak begitu banyak kontestan dari Medan yang mencuri perhatian. Saya tahu bahwa penyanyi dari Medan memiliki suara-suara yang sangat merdu. Walaupun begitu, Indah Nevertari (dari namanya saja sudah unik) memberikan sebuah penampilan yang sungguh berbeda dan merupakan penampilan audisi terunik dalam sejarah Indonesian Idol. Menyanyikan lagu Rihanna yang belum tentu semua orang bisa nyanyikan. Mengejutkan semua penonton dan para juri. Dan pasti bukan merupakan pekerjaan yang sulit bagi dia untuk bernyanyi dengan sangat baik sambil mengejutkan penonton nanti di LiveShows. Got the style and the confidence. Dan saya percaya Indah Nevertari bisa menjadi frontrunner kita. Can’t wait to see what’s in store!

Advertisements

3 thoughts on “20 AUDISI TERBAIK INDONESIAN IDOL 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s