Review: August: Osage County (2014)

11174159_800

“August: Osage County” mengisahkan tentang Beverly Weston (Sam Shepard) yang secara tiba-tiba menghilang dari rumah yang membuat Violet Weston (Meryl Streep) harus menelpon anak-anaknya yang sudah lama tak berhubungan. Menghilangnya Beverly bukan untuk pertama kalinya, Mattie Fae (Margo Martindale) meyakinkan anak-anaknya bahwa ayah mereka akan segera kembali. Insiden ini membuat Barbara (Julia Roberts) harus mengunjungi Osage County bersama dengan suaminya Bill (Ewan McGregor) dan anaknya Jean (Abigail Breslin). Ivy (Julianne Nicholson) dan Karen (Juliette Lewis) beserta tunanganya Steve (Dermott Mulroney), dan juga Mattie Fae, suaminya, Charles (Chris Cooper) dan juga Little Charles Aiken (Benedict Cumberbatch) yang semuanya menghadiri makan malam bersama setelah polisi menemukan tubuh Beverly Weston dan menyatakan bahwa ia telah meninggal dunia. Hal tersebut mengumpulkan keluarga besar dalam sebuah makan siang bersama yang dipenuhi dengan perselisihan, perdebatan dan perkelahian mulut yang secara tidak sadar membongkar semua rahasia yang dimiliki masing-masing anggota keluarga yang mengubah nasib keluarga tersebut. 

“August: Osage County” memang awalnya berjalan dengan lamban, namun lama-kelamaan “August: Osage County”  tumbuh menjadi sebuah sajian yang sangat mencuri perhatian. Yang saya kagumi adalah John Wells yang berhasil memberikan sebuah ketegangan dalam semua perdebatan. Entah perdebatan tersebut di meja makan, di kamar dan dimanapun. Setiap perdebatan dibalut dengan dialog-dialog yang sangat ber”nyawa” yang sangat natural dan mudah dimengerti. Pertengkaran-pertengkaran yang terjadi disepanjang film terlihat cukup nyata karena pertengkaran macam ini yang sering terjadi di keluarga-keluarga di kehidupan nyata yang membuat “August: Osage Country”  begitu alive. Betapa pintarnya membuat hampir 120 menit durasinya tanpa sedikitpun merasakan rasa jenuh melainkan terlalu fokus kepada semua dialog-dialog yang begitu mengena dan begitu kuat dalam adegan yang sedang disajikan.

Tentu saja dengan akting para pemain yang cemerlang. Julia Roberts mencuri perhatian saya. Like really-really good. Julia Roberts bisa menjadi sangat emosional dan sangat mengerikan ketika ia sedang marah. Dan menurut saya, Julia Roberts adalah sang juara dalam film penuh bintang ini. Julia Roberts tidak terlihat ciut beradu akting dengan Meryl Streep yang disini juga bermain dengan luar biasa. Keduanya betul-betul menunjukkan bahwa mereka adalah sebuah bintang film dengan akting berkualitas. Tidak lupa pula dengan pemain-pemain pembantu lainya. Ewan McGregor, seperti biasa, berikan ia sebuah peran atau karkater dalam sebuah film dan saat itu pula ia akan menjadi karakter tersebut. Ia sepertinya seseorang yang mudah beradaptasi. Walaupun sebenarnya ia tidak mendapatkan sebuah porsi yang berarti. Hal yang sama terjadi pada Abigal Breslin, akting yang kuat namun dengan porsi yang tidak begitu banyak. Malah sepertinya yang paling minim. Benedict Cumberbatch adalah pemain yang menurut saya dengan akting yang agak kaku. Chemistry yang dibangun antara Benedict dengan  Julianne dibuat dengan betul-betul dipaksakan dan terlalu dipaksakan sehingga keliatanya agak kurang matching. Sisanya bermain dengan cukup baik dan berhasil menghidupkan karakter mereka masing-masing. Yah, seperti apa yang harus mereka lakukan.

still-of-julia-roberts-meryl-streep-and-julianne-nicholson-in-tinutul-din-mijlocul-verii-2013-large-picture

“August: Osage County” menghadirkan sisi-sisi emosional di sepanjang film yang menurut saya kurang digali dengan baik. Saya tahu tujuan film ini bukan untuk menunjukkan bahwa diakhir anak akan patuh terhadap orang tua. Saya tahu memang dari awal ini adalah film tentang luapan emosi semua anggota keluarga dan segala konflik yang bertubi-tubi. Dan menunjukkan bahwa orang paling sabar juga ada breaking point. “August: Osage County”  berhasil menunjukkan semua itu. Namun, yah…mungkin saya berharap itu. Ending nya juga menurut saya tidak memberikan sebuah conclusion yang berarti. Yang membuat saya sedikit kebingungan. Tidak memberikan sebuah penyelesaian yang kita tunggu-tunggu selama hampir dua jam durasinya. Memang bukanlah sebuah masalah besar mengenai endingnya, yang walaupun dengan ending yang bisa diperbaiki lebih baik lagi membuat “August: Osage County”  menjadi sebuah film ledakan emsi yang lebih “wah”.

“August: Osage County” berhasil tampil dengan mengesankan lewat adegan-adegan breathtaking nya yang tidak membiarkan penontonya berpaling dan hanya tetap berfokus pada film ini tok. Dengan konflik yang bertebaran dan rahasia demi rahasia yang disimpan baik dan mampu mengejutkan penontonya dengan sangat baik. Terkadang dialog terlihat berlebihan, terkadang dialog terlihat sangat menyeramkan dan terkadang dialog tersebut lah yang membuat “August: Osage County”  menjadi sebuah tontonan yang layak dinikmati. “Can’t Keep It Inside” berhasil membuat saya menekan replay untuk yang kesekian kalinya. Dan dengan lagu-lagu catchy lainya yang menghiasi “August: Osage County”. Tidak lupa pula dengan sisi komedi nya yang berhasil membuat saya tertawa kecil walaupun pace film tetap dalam keadaan serius dan menuntut penontonya untuk tetap merasakan demikian. Pada akhirnya, “August: Osage County”  adalah sebuah kisah yang mengisahkan tentang perselisihan keluarga yang disfusngsional yan menunjukkan dan menyadarkan kita bahwa disetiap keluarga memang selalu ada perselisihan dan membuat anda sedikit beruntung mempunyai keluarga yang anda punya sekarang melainkan this broken family. Yah…Endingnya sangat disayangkan berakhir dengan sangat sepele.

four-star-rating-md20

Advertisements

One thought on “Review: August: Osage County (2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s