Indonesian Idol 8 TOP 11 REDUX: My Love Story

It’s such a travesty that Miranti went home after her best night so far. Miranti telah memberikan sebuah penampilan terbaiknya. Penampilan Miranti tadi malam adalah penampilan terbaik untuk Season kedelapan ini. Berlebihan? Lihat saja sendiri. Let’s face it. It’s all set up. Dari awal kita sudah tahu mana-mana yang akan melaju ke babak berikutnya dengan begitu mudahnya. Kita semua tahu kalau Eza, Ryan, Dewi dan Miranti itu adalah the bottom vote getters. Kenapa gak setting aja final nya buat Hussein-Virzha? Toh udah tahu siapa yang akan berakhir di final? Saya mau murka. Pertanyaan terbesar saya adalah, “Apa spesialnya Yunita?” Suaranya memang bagus menunjukkan sebuah wide vocal range. Tetapi apa yang ia sisahkan diatas panggung? Kenangan apa? Apa dia memorable? Saya selalu bertanya-tanya, “Siapasih yang mendukung Yunita?” She’s that forgettable that I don’t even want to look any of her performances. Saya harus akui, malam ini adalah malam terbaik Indonesian Idol season ini. Dan salah satu favorit saya pulang. Karena Double Elimination. Menurut saya, Dewi memang bukan pantas sih, memang reasonable kenapa dia pulang. Saya harus setuju kalau Dewi belum bisa tampil dengan memorable. Dan sejauh ini ia hanya another pop artist yang akan kita temukan pula di season-sesason berikutnya Indonesian Idol. So I wasn’t that mad about Dewi’s departure. Dan Sarah berakhir di 3 Terbawah yang menurut saya adalah sebuah jokes. Mudah-mudahan setelah ini mata penonton Indonesia terbuka lebar? I don’t wanna spend the rest of the season watching Yunita perform! Hell No! That girl has no specialities. That girl has no ability to perform memorable. And I’ll quit watching if she ends up being in the finale. Like that is such a downer after pretty great season.Malam ini seperti yang saya katakan hampir semua tampil dengan baik. Penampilan terbaik malam ini jatuh kepada Miranti Yassovi. Sebuah penampilan yang sangat sexy, hot, berwarna dan belum pernah ada dalam Indonesian Idol sebelumnya. Ia mencampur adukan suara sexy, dengan gesture tubuhnya, berinteraksi dengan penyanyi latar dalam istilahnya ia enjoy diatas panggung. Vokal yang sangat baik. Dan menurut saya, ini adalah penampilan terbaik Season 8 sampai saat ini. Nowela Elizabeth juga memberikan sebuah penampilan haunting nya yang cukup gila. Sebuah vokal terbaik yang pernah ia berikan dan sebuah penampilan paling dark yang pernah saya lihat dalam Indonesian Idol. Alanis Morisette jelas merasuki tubuh Nowela. Yuka Tamada memberikan penampilan terbaiknya sampai sekarang. Sebuah penampilan yang menujukkan bahwa ada jazz dalam diri Yuka Tamada, dan menurut saya adalah sebuah penampilan kuat. Penampilan terburuk tadi malam sebenarnya akan jatuh kepada Maesarah Nurzaka ketika ia sedang menampilkan penampilan Flash Vote nya. Namun, untuk performance nya yang benar-benar performance, Muhammad D’Virzha menampilkan sebuah penampilan “Daylight” terburuk yang pernah orang cover. Dan Yunita Nursetia came in second.

1. Giofanny Elliandrian – Sandiwara Cinta by Republik

Mengenai Gio, Gio memiliki sebuah suara yang sangatlah indah. Suara tersebut mampu mengenakan siapa saja yang mendengar dan mampu memanjakan telinga pendengar tersebut. Selalu seperti itu. Gio terkenal dengan selalu menampilakn sebuah penampilan yang konsisten. Malam ini ia menyanyikan sebuah lagu yang sangat sering saya dengar tapi masih samar-samar. Lagi lagi, Gio menampilkan sebuah vokal yang sangat konsisten dari menit ke menitnya. No pitch issues. Benar-benar sebuah vokal yang 10 out of 10. Namun, secara keseluruhan, bukanlah sebuah penampilan yang kuat dan memorable. Entah mengapa, Gio belum bisa menampilkan sebuah penampilan yang benar-benar epic untuk kali ini. Walaupun ia selalu bernyanyi dengan hati nya dan benar-benar tulus.

2. Dewi Puspita – Unfaithful by Rihanna

Saya awalnya juga berpikir demikian. Akan sulit bagi kontestan yang masih berumur 17 tahunan untuk connect karena mereka masih bisa dikatakan belum mendapatkan emotional depth nya. Dan tebakan saya betul.Dewi tidak memiliki sebuah feeling dalam menyanyikan lagu Rihanna ini. Tidak ada pesan yang tersampaikan dan ia kurang mendalami lagu tersebut. Walaupun tanpa harus diragui bahwa Dewi telah memberikan sebuah vokal A+. Sebuah vokal yang menunjukkan vocal range nya. Ya, cukup disayangkan. Karena untuk menghasilkan sebuah performance yang baik, semua bagian-bagian harus meyatu menjadi satu kesatuan. Sayangnya, masih terdapat missing pieces dalam performance nya kali ini. Walaupun harus diakui, vokal yang sangat-sangat luar biasa. Tantri mengatakan Dewi bisa menyampaikan dan menunjukkan kalau ia sedang patah hati. Kata TITI DJ, Titi DJ setuju dengan Tantri bahwa Dewi tidak memorable alias forgettable. OMG. Sumpah. Ini kayanya kritikan paling tajam yang pernah saya dengar sepanjang season ini. Anang  mengatakan bahwa ini adalah penampilan Dewi yang terbaik. Dhani mengatkan bahwa Saya setuju sih sebenarnya, bahwa Dewi harus memberikan sebuah ciri khas tersendiri bukan hanya penyanyi pop biasa.

3. Yusuf Ubay – Sorry Seems To Be The Hardest Word/When I Was Your Man by Elton John/Bruno Mars:

First of all, I love this song so much. Saya berpikir bahwa penampilan ini akan menjadi lebih keren tanpa band hanya Ubay bermain piano sehingga momen nya dapet dan semua penyampaian pesan dan feeling nya bersatu. Menurut saya penampilan nya yah..slightly better than last week but didn’t see much improvements. Menurut saya, Ubay adalah yang paling tidak konsisten. Ubay cenderung bermain aman pada pemilihan lagu dan pada vokal nya. Dimana ia tidak mau mengambil risiko untuk bernyanyi gila dan memberikan sebuah vokal yang luar biasa. Ubay berumur sama dengan Dewi, namun saya pikir Ubay memiliki emotional depth dari lagu ini. Sebuah penampilan yang cukup solid, namun bukan sebuah penampilan yang luar biasa indah dan penampilan yang sempurna. Good, but not great. TITI DJ mengatakan bahwa performance yang kuat dan tone nya cocok dengan lagu yang ia bawakan. Anang mengatakan bahwa ini adalah penampilan yang sangat menarik dan menunjukkan bahwa Ubay adalah penyanyi yang cerdas. Dhani mengatakan bahwa ia akan membeli album Ubay namun Ubay kurang ada power dalam falsetto nya. Tantri mengatakan bahwa Ubay berhasil menyanyikan lagu ini tanpa harus ada dukungan dari sax dan piano. Dan mengatakan bahwa Ubay harus profesional sebagai seorang penampil.

4.  Windy Yunita – She Wolf (Falling To Pieces) by David Guetta ft. Sia

Saya harus berikan props buat Windy untuk tetap kuat dan mempunyai tekad yang sangat kuat untuk kembali bernyanyi diatas panggung dan tidak terus-menerus terpuruk dengan sepeninggalan sang Ayah tercinta. Awalnya agak off-timing. Sedikit ketinggalan dengan band nya. But, guess what. Windy nailed it. Ini adalah sebuah penampilan dari hati yang paling dalamnya Windy. Dan untuk pertama kalinya saya benar-benar percaya dengan Windy kalau Windy adalah sebuah penyanyi yang tidak mengandalkan penampilan fisik tapi karena kemampuanya. Her voice soared! Suara besarnya  sangat memenangkan hati saya malam ini. It was really really good! Windy is growing on me. Anang mengatakan bahwa nervous nya Windy agak tegang dan kurang santai menyanyikanya. Agak sedikit kaku. Dhani mengatakan bahwa ia kaget bahwa Windy memiliki kemampuan menyanyikan lagu ini. Malam ini Windy membuktikan bahwa Windy adalah penyanyi yang bisa menyanyikan tema kontemporer.

5. Maesarah Nurzaka – Pemeran Utama by Raisa

It’s really sweet to dedicate your performance to your bestfriend. Bener sih kata Dhani. Cukup sulit untuk menyanyikan lagu Raisa karena akan ada sebuah ekspektasi tersendiri. Awalnya Sarh memulainya agak pitchy. There’s quite a lot pitch issues. But Sarah grow leaps and bounds. Di pertengahan sampai akhir, sebuah penampilan yang hampir sempurna VOCALLY. Mendedikasikan sebuah lagu untuk sahabat sepertinya sangat tersempaikan dengan baik. Sarah memiliki sebuah ability untuk menyanyikan lagu yang bener-bener dari hati. Jika ia menyanyikan sebuah lagu, It’s completely a different type of Sarah. Sarah bisa menyanyikan lagu apa saja. Namun, terkadang memang ia harus memperhatikan nada rendahnya yang mneurut saya belum sepenuhnya ia taklukan. Karena, you cannot live with high notes all the time. Tetapi, secara keseluruhan, sebuah penampilan yang sungguh elegan dan classy dari Sarah. Kata Dhani bahwa lagunya yang sulit namun Sarah berhasil. TITI DJ mengatakan bahwa Sarah memiliki suara yang tajam dan harus pintar-pintar dengan teknik mic-ing. Anang mengatakan bahwa Sarah adalah penyanyi yang cerdas dalam kompetisi ini. Sarah memberikan sebuah model lain bagi lagu ini.

Quick Count Vote: 1. Windy 2. Ubay 3. Dewi 4. Gio 5. Sarah

6. Yuka Tamada – In A Setimental Mood by Ella Fitzgerald

Akhirnya! Ada yang menyanyikan lagu Ella Fitzgerald! Finally! Pumped!  Akhirnya Yuka membawakan sebuah lagu dengan sentuhan jazz didalam nya. This is My Cherie Amour-ish performance yang telah saya tunggu-tunggu. Let met tell you. This is not a picture perfect. Namun, sebuah penampila nyang sangat-sangat elegan. Kalau barang itu bisa dibilang luxury. Ya, elegan seperti yang saya katakan. Yuka memberikan sebuah vokal yang luar biasa indahnya. Falsetto nya Yuka sangatlah indah. Sebuah penampilan yang akan membuat kita untuk bersantai-santai. Menghilangkan rasa penat, masalah-masalah. Ini adalah penampilan yang cocok untuk itu. Sebuah penampilan yang sangat ease walaupun cenderung agak sleepy di bagian awal. Namun ketika Yuka mulai memberikan sebuah sentuhan-sentuhan jazz yang lebih lagi didalamnya, saya mulai tertarik. Secara keseluruhan, sebuah penampilan yang sangat bagus. Tantri mengatakan bahwa suara Yuka sangat indah. TITI DJ mengatakan bahwa tujuan Yuka adalah membuat penonton senang dan tidak ada beban. Yuka membawakanya dengan sangat enak. Anang mengatakan bahwa Yuka selalu menyanyi lepas dalam panggung tanpa ada beban. Yuka memiliki modal yang sangat penting sebagai seorang penghibur. Ada sebuah snippet dari lagu asik dari Yuka Tamada!

7. Husein Alatas – Sobat by Padi

It’s a really emotional dedicating the song to his lil bro. Husein memberikan sebuah first impression yang agak whatsoever di awal. Menurut saya falsetto nya di awal agak menakutkan. Saya agak mencari-cari dari mana suara itu datang sampai saya menyadari bahwa itu sendiri dari Husein. Saya sangat menyukai lagu  ini. Dan Husein kinda ruined the song. Husein tidak bisa memasuki lagu ini. Ia belum mengerti arti sebenarnya dari lagu ini. Ia hanya tahu garis besar nya saja. Sehingga semua perasaan yang dibutuhkan agak flat. Pada akhirnya, kata para juri benar. Tidak ada momen yang betul-betul saya tunggu sehingga performance agak terlalu berlebihan dan terlalu besar untuk sebuah lagu yang sebenarnya tidak butuh dinyanyikan dengan besar-besaran. TITI DJ mengatakan bahwa nada pertama dan nada terakhir itu penting. Nada terakhirnya dinyanyikan dengan berhasil. Namun, nada pertamanya gagal. Dan mengkritik Husein bahwa Husein membidiknya kurang tepat pada sasaran. Whistlevoice nya kurang berhasil. Ya, intinya sih serba nanggung. Tetapi, TITI DJ mengatakanya dengan agak baik. Anang terbiasa dengan Husein yang menyanyikan lagu apa saja dengan baik, namun untuk malam ini tidak. Kurang lepas bernyanyinya. Tantri mengatakan bahwa Husein memang kurang lepas. Tidak seperti biasanya. Husein might be leaving.

8. Miranti Yassovi – I Love Your Way by Peter Frampton

Miranti mengatakan bahwa berada di Bottom Two sangatlah tidak enak. Miranti telah mambawakan lagu yang sangat rare. Mungkin jarang atau bahkan tidak pernah dinyanyikan dalam ajang pencarian bakat. Miranti mengawali dengan sangat ease dan enak. Dan dilanjutkan dengan sebuah vokal yang over the top. Ini adalah sebuah penampilan A++. Elegan. Cerdas. Indah. Seperti bunga matahari di saat summer. So beautiful. Miranti berinteraksi dengan penyanyi latarnya. Miranti bernari, owning the stage. And this was really hot! It was hot!  HOT. HOT. Miranti definitely redeem herself. Ini adalah penampilan terbaik season kedelapan Indonesian Idol. Anang mengatakan bahwa ini adalah penampilan terbaik Miranti. Miranti sangat enjoy menyanyikan lagu ini. Dhani mengatakan bahwa Lagu inis angatlah Miranti. Dhani expect kalo Miranti bisa menyanyikan lagu Pop. Dhani? Don’t you see? Minggu lalu Miranti menyanyikan lagu “Mirrors” and It’s really bad. Tantri mengatakan bahwa Miranti berhasil menyanyikan lagu ini. TITI DJ mengatakan bahwa ia mendengar nada-nada yang tidak pas . Mungkin karena sakit. TITI DJ bahkan tidak bisa memuji Miranti sedikit pun? I seriously wanna stab her with a knife.

9. Muhammad D’Virzha – Daylight by Maroon 5

Oh God. He’s a freak. Saya gak ngerti dengan tepukan-tepukan tangan di awalnya. Dan dengan smoke-smoke yang berlebihan dan super dramatis yang tidak memberikan sebuah arti yang jelas. Di chorus nya ia sangat berlebihan. Teriak-teriak gak jelas. Nada nya terlalu rendah untuk suaranya. Sehingga ia mengalami kesulitan untuk meraih bahkan nada terendahnya. I can see Titi’s face be like, “Oh what am I watching”. That what-so-ever face. Virzha asal teriak-teriak aja. Dan saya yakin penampilan ini pasti gak akan memulangkan dia (sigh). Pada akhirnya, sebuah penampilan karaoke yang sangat tidak spektakuler. Tidak menunjukkan bakat Virzha sebagai sebuah penyanyi “serba-bisa”. Hm. Dhani mengatakan “bangsat”. Aduh. Kapan sih ini juri berkata jujur?! Tantri mengatakan bahwa Virzha mantap. OH MY GOD THIS PANEL IS KILLING ME. Titi DJ mengatakan bahwa Virzha mulai mendapatkan mood show. Anang mengatakan bahwa Ashanty selalu menunggu Virzha nampil. OH GOD. Muka jijik nya Ashanty ketika Virzha sedang berbicara dengan kucingnya sangat priceless!

Quick Count: 1. Husein 2. Yuka 3. Miranti 4. Virzha

10. Nowela Elizabeth – Uninvited by Alanis Morisette

Alanis Morisette adalah salah satu penyanyi terhebat di seluruh dunia. Dari minggu lalu, “Rude Boy” adalah performance terburuk Nowela. Dan sala satu terburuk minggu kemarin. Dan kali ini, Nowela kembali membawa unsur Rock dan genre nya kembali. Nowela mengawali performance nya sangat kecil dan sangat thin. Namun, di pertengahan ketika Nowela mulai wailing dan berteriak dengan nada-nada gila nya, Nowela memberikan sebuah kejutan terbesar dari penampilanya sepanjang ini. Dan Nowela telah memberikan sebuah penampilan yang sangat-sangat luar biasa. Ada unsur-unsur haunting didalamnya yang membuat penampilanya seperti sangat gelap dan dark, in a good way. Nowela jelas mengerti bagaimana cara menyanyikan lagu ini dengan baik. Tantri mengatakan bahwa Setiap minggu selalu memberikan sebuah surprise. TITI Dj mengatakan bahwa TITI khawatir dengan Nowela. Bahwa Nowela harus sudah masuk ke fase tantangan. Dan Nowela berhasil. Namun, Nowela harus belajar falsetto. Anang mengatakan bahwa suara Nowela berkarisma. Dan Nowela harus memilih lagu-lagu yang tepat mulai dari sekarang. Dhani mengatakan bahwa penampilan terbaik di Indonesian Idol dari 2 season. Mengalahkan semua performance Regina? Wow!

11. Yunita Nursetia – Cinta Sejati by Bunga Citra Lestari

Saya masih belum bisa benar-benar menyukai Yunita 100%. Yunita menyanyikan sebuah lagu paling terkenal dari Bunga Citra Lestari. Look, There they are! The choir! Saya sama sekali tidak mengerti mengapa ada choir dalam penampilan ini. Yunita sama sekali tidak ada feeling nya di penampilan ini. Walaupun sekali lagi sisi teknis nya sudah berada dalam jalur yang tepat. Karena, vokalnya merupakan vokal killer. Seperti biasa. Namun, tidak ada connection diantara penampilanya dan dengan listeners. Dan penampilanya berakhir dengan sangat forgettable dan apa banget. Bukan sebuah perormance yang kuat sebagai sebuah performance penutup pada malam yang sangat kuat ini. TITI DJ mengatakan bahwa Yunita tidak konsisten setiap minggunya. Dan harus mencari tahu bagaiamana agar tampil lebih memorable dan lebih konsisten. Penampilanya berhasil. Anang memiliki kemampuan untuk menunjukkan bagaiamana tampil dengan baik. Anang mengatakan bahwa Yunita harus belajar menaruh feelings kedalam lagu tersebut. AGREED.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s