Indonesian Idol 8 Top 9: Greatest Soundtracks!

Malam ini merupakan malam yang sangat-sangat baik. Merupakan malam terbaik sepanjang season Indonesian Idol. Malam dimana saya mulai menyukai Yunita sedikit dan ia pulang. Kapan sih Indonesia bisa melihat bahwa Virzha telah memberikan sebuah penampilan terburuk malam ini tapi masuk Bottom Three aja ngga. “Greatest Soundtrack” merupakan sebuah theme yang tidak begitu sulit. Banyak sekali yang dapat kita pilih dari beribu-ribu film yang telah dirilis. Dan dari lagu tersebut banyak sekali yang bisa dirombak. Pemilihan lagu terbaik saya harus berikan kepada Yuka, Husein dan Nowela. Ketiganya telah memilih sebuah lagu yang interesting, yet mindblown. Yusuf Ubay memilih lagu paling buruk. Dan penampilan nya juga tidak begitu meyakinkan. Yunita dan Windy memilih lagu yang cukup interesting pula. They’re doing the Flash Vote. I am not with this Flash vote shit thing. It’s not working well! Menurut saya, ini sangat stupid dan useless. Ngikut-ngikut The Voice aja. Dan pulangnya Yunita menurut saya agak absurd dimana kita harus setidaknya mendapatkan satu laki-laki karena 3/4 pria tadi malam berada dibawah semua wanita (hampir semua). Hanya Husein Alatas yang menurut saya berada satu tingkat diatas beberapa wanita, selain Husein, mereka semua tampil tidak lebih baik dari the Ladies this week. Penampilan terbaik jatuh kepada Nowela Elizabeth. Sebuah penampilan magical, chilling dan unpredictable at the same time juga. Nowela telah memberikan sebuah penampilan terbaik sepanjang season ini. Yah, mengalahkan penampilan “I Love Your Way” nya Miranti. And I wasn’t mad about it! Mencari penampilan kedua agak aneh karena ada HUGE GAP bagi Nowela dan sisanya karena no one came really that close to Nowela’s performance. Tetapi, harus dicari juga. Windy Yunita menampilkan sebuah penampilan Angels yang sangat Angelic but less-magical. I wish It would be a bit more magical, but vocal wise and everything, It came together. Windy telah menelan semua kontestan dengan suaranya yang saya rasa semakin besar kian minggu, menururt saya ini adalah penampilan yang sungguh mengesankan dari Windy dan ini adalah sebuah perjuangan Windy setelah meninggalnya ayahanda tercinta. Tetapi ini semoga saja bisa membuat Windy menjadi seorang penyayi yang lebih baik lagi. Penampilan ketiga terbaik jatuh kepada Yuka Tamada. Interesting choice. Sebuah penampilan yang sangat convincing. Mungkin yang paling meyakinkan malam ini. Penampilan terburuk saya harus berikan kepada Muhammad D’Virzha, nothing personal, tetapi “Uchained Melody” sama sekali tidak cocok dengan saura Virzha yang tidak bagus dan tidak indah bagi saya untuk menyanyikan lagu ini. Everything made no sense.

1. Yuka Tamada – Sweet Disposistion by Temper Trap (500 Days Of Summer)

Sangat sulit untuk menyanyikan sebuah lagu yang tidak banyak range didalamnya, yang tidak banyak melody dan bukan sebuah lagu yang mementingkan dan mengandalkan juga mengutamakan vokal. “Sweet Disposisition” adalah jenis lagu yang hanya bisa dinyanyikan oleh penyanyi originalnya. Saya tidak akan terlalu keras terhadap Yuka, tetapi jika kita mengatakan apakah Yuka menyanyikan lagunya lebih baik dari original artis? Tidak. Tetapi dia menambah sebuah versi baru, versi nya Yuka untuk lagu ini. Yuka sang with so much convinction! Sangat meyakinkan. She believed in every words she said. Technically, tidak semua segi teknis nya berjalan dengan baik, Yuka kinda cracked a bit in the middle, tetapi hal tersebut sepertinya tidak akan memberikan efek yang benar-benar menganggu keseluruhan performance Yuka. Ya, this is Yuka being Yuka. Not really that magical, but It was solid. It was solid.

2. Yusuf Ubay – Dalam Mihrab Cinta by Afgan (Dalam Mihrab Cinta)

Saya agak terkejut bahwa Ubay memilih sebuah lagu yang benar-benar bukan Ubay lah istilahnya. Ubay selalu memilih lagu-lagu yang iconic, kalau lagu barat, dan lagu Indonesia, ini sama sekali bukan lagunya Ubay. Performance ini sebenarnya fine fine saja, tetapi saya harus setuju dengan beberapa juri, bahwa ini terlalu rendah dan tidak sepenuhnya Ubay berhasil dengan nada rendah tersebut. Performance nya fine. Ini adalah performance Ubay yang sebenarnya mendingan dibandingkan performance lainya. Ubay memang menyanyikan dengan begitu meyakinkan, tetapi tidak ada sesuatu yang benar-benar spesial. It wasn’t a picture perfect, It was kinda flat in some moments thinking of how Ubay just went on the same notes over and over. It was too basic when Ubay can do much better.

3. Muhammad D’Virzha – Uchained Melody by LeAnn Rimes (Ghost)

Saya masih belum click sama Virzha. Satu-satunya yang masih belum click.

4. Maesarah Nurzaka – There You’ll Be by Faith Hill (Pearl Harbor)

Mengenai Sarah, saya masih agak bingung dengan Sarah. Sarah being in the Bottom Three is like a wake up call for her. Walaupun penampilanya minggu kemarin sama sekali tidak buruk. Penampilanya minggu ini tidak mengalami peningkatan, justru penurunan. Sarah terlalu takut. Muka nya, mimiknya terlihat bahwa ia terlalu defeated. Being in the Bottom Three affected her a lot. Vokalnya biasa aja sih. Tetapi, Sarah terlalu memaksakan di nada tingginya yang menurut saya tidak usah teralu di push. Mungkin karena itu kehebatan Sarah? Saya melihat penampilanya ini agak lackluster. Karena Sarah sendiri jauh lebih baik dari hanya sekedar menyanyikan lagu ini. Saya hampir merelakan Sarah pergi minggu lalu. And I’m not going to be mad If she goes home this week. Since, we need solid 8. Sarah is just not quite one of them.

Quick Count: 1. Ubay 2. Virzha 3. Yuka 4. Sarah

5. Windy Yunita – Angels by Sarah Mclachlan (City Of Angels)

O ow..Windy memulai penampilanya dengan acapella. Which is, really scary. Menyanyikan acapella orang akan menemukan letak kesalahan lebih jelas dibandingkan dengan band, dan pastikan anda benar-benar mampu menyanyikan nada-nada tersebut dengan tepat tanpa cacat. Sayangnya, Windy agak pitchy di acapella nya. Windy adalah sebuah penyanyi yang pintar. Ia pintar memilih sebuah lagu. Semenjak ia di given-bye, Windy has grow leaps and bounds on the show. Windy menyanyikan dengan sangat penuh emosi dan feelings. No, It wasn’t perfect. Karena terkadang terlalu banyak vibrato dan vokal agak shaky, tetapi untuk sebuah performance secara keseluruhan, Windy telah menyanyikan sebuah lagu yang butuh begitu banyak emosi dan feeling didalam lagu tersebut. Saya setuju sama Raisa, aransemen lagunya sangat cerdas. Kalau Windy bisa menyanyikan dan bisa menampilkan sebuah penampilan sekeren ini setiap minggu, Windy bisa menang. Karena Windy ada dalam growth arc. It was a spiritual performance, and It was really really solid. It’s really solid. This girl is on fire!

6. Yunita Nursetia – Tough Lover by Christina Aguilera (Burlesque)

First of all, sebuah tindakan yang sungguh berani menyanyikan sebuah lagu Christina Aguilera. Saya setengah-setengah sama performance nya. This girl ain’t Christina Aguilera. Yunita seringkali terlalu ingin terdengar mirip atau setara sama Christina Aguilera. Ada “growl” nya yang sama sekali bukan Yunita tapi dipaksakan karena mungkin di versi orisinil nya ada. Jika ada yang benar-benar missing dalam performance nya adalah kecentilan nya. Benar kata Tantri. Ini adalah lagu yang centil, menggoda dan nakal. Sayangnya semua itu tidak hadir di dalam performance Yunita kali ini. But nice try though. Pitch nya perfect. Vokal nya Yunita memang sangat indah dan Yunita menyanyikan lagunya effortlessly. All of the runs, melody and the notes were all hit perfectly. Ia terlalu kaku di panggung. Seperti udah ketakutan sendiri ama panggungnya sehingga gak natural gerakanya. Tetapi, untuk sebuah performance dari sosok Yunita dan untuk seseorang yang tidak begitu menyukai Yunita, ini adalah sebuah penampilan yang cukup memuaskan. Tetapi tidak mampu membuat saya meminta lebih.

7. Giofanny Elliandrian – Superman by Five For Fighting (Smallville)

Oh Gosh! Love this song! Btw, the Gio impressions cracks me up! Gio ini selalu konsisten sama vokal. Yang paling jarang tampil pitchy adalah Gio. Jarang banget. Konsistensi vokal nya Gio yang membuat Gio itu salah satu kontestan yang paling siap, paling berpengalaman dan paling siap lah istilahnya untuk industri musik. Walaupun ada ups and downs nya, Gio kali ini menyanyikan sebuah lagu yang sangat-sangat berbeda dengan karakter vokalnya. Lagu favorit saya juga. Vokalnya seperti yang saya katakan tadi, konsisten dari awal hingga akhir. Kelemahan Gio adalah ia terlalu malas untuk mengaransemen sebuah lagu. Ia hanya terpaku pada versi orisinil nya sehingga terpaksa kita akan membandingkanya. Atau mungkin terkadang tidak ada yang bisa dibandingkan sangking sama dan miripnya dengan orisinilnya. Begitupula dengan penampilanya kali ini, ia tidak mau mengganti lagu tersebut dan membuat lagu tersebut menjadi milik Gio sehingga membuat performance nya agak flat. A bit boring. It’s really consistently flat and It just went there without going anywhere. It’s far from worse, but he needs to pick this up or he’s going home.

8. Nowela Elizabeth – Let It Go by Idina Menzel (Frozen)

Penampilan Nowela adalah penampilan yang paling saya tunggu-tunggu untuk minggu ini. Karena lagu nya tersendiri. Lagu nya sangat membuat saya penasaran karena karakter vokal Nowela sangat berbanding terbalik dengan lagu yang akan ia nyanyikan. Anang shoutout Majesty Rose! Iya sih, penampilan yang jauh lebih bagus dari penampilan Majesty Rose. Don’t you guys tired? I’m tired. I want Nowela to win the whole thing. THIS. IS. MAGICAL. Nowela menyanyikan lagu ini dengan sagnat sangat luar biasa. Nowela memulainya dengan entah apalah itu. Tapi, It’s working! It’s workin really graet. Ini adalah penampilan terbaik season ini! Saya sangat sangat menyukai penampilan yang satu ini. Kreatifitas Nowela sudah dalam puncak dari segala gunung. Nowela mengganti lagu nya menjadi lagu Indonesia. Dan bagian itu merupakan bagian yang membuat saya merinding. Nowela sungguh spektakuler!

9. Husein Alatas – Skyfall by Adele (Skyfall)

Husein memang paling macho di season ini. Skyfall adalah lagu yang sangat berat. Butuh penjiwaan ala Adele untuk menaklukanya. What was that at the beginning at the performance? so creepy. OH GOD stop the shadowing thing. Ini adalah penampilan paling creepy dan paling menakutkan. Ini untuk pertama kalinya ia bereksperimen, mengubah style nya dan cukup sukses. Yes, It was creepy, but it was creepy-ly good. Metal nya dapet banget. Sehingga sungguh menyeramkan. Ini maksud saya, kalau mau menyanyikan lagu yang diluar jalur nya Husein, ia harus menambah unsur metal kedalam lagu tersebut. Definitely made his own. Husein is back? Pretty much. Karena penampilanya cukup solid. Walaupun saya tidak yakin bahwa penampilan ini akan menyelamatkanya di Bottom Three. Good, but not fuckingcrazygood.

Flash Vote Performances:

1. Yunita Nursetia – All By Myself

Yunita menyanyikanya dengan begitu banyak beban dan pressure. Saya mengerti .Saya mengerti dan benar-benar merasakan dan jika saya diposisi mereka bertiga, saya pun akan merasakan demikian bahwa saya ketakutan. Tapi ini Sing For Your Life, you needed to be great! This si not great! This is one of her worst! Yunita mengambil nada tinggi which make zero sense. Nada-nada nya tidak ada yang bisa Yunita raih. Sya amengerti, bahwa Yunita ketakutan.

2. Maesarah Nurzaka – Best Thing I Ever Had

This girl ain’t Beyonce. Saya tidak tahu berapa kali Sarah menyanyikan lagu Beyonce. Lagi-lagi Sarah at the top of her range. Memaksakan dirinya untuk meraih nada-nada tinggi yang seems impossible. Sarah merupakan penyanyi yang sangat kompeten. Sarah harus bisa tampil meyakinkan juga. Tadi malam dalam Flash Vote Perofrmmance, sayangnya tidak.

3. Yuka Tamada – Seven Days In Sunny June

Cukup mengejutkan melihat Yuka disini, tetapi, ini hanya wake up call saja kok. Yuka menampilkan sebuah penampilan yang asik hanya 50% dari penampilan ini. 50% ASIK, 50% diapaksakan. Saya melihat fear dalam penampilanya yang juga saya lihat pada dua kontestan lainya. Menurut saya Yuka tetap menampilkan setidaknya lebih baik dibandingkan keduanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s