Indonesian Idol Grand Finale: Not so Grande for a Top 2!

Nowela dan Husein telah menyingkirkan begitu banyak peserta Indonesian Idol. Kembali ke TOP 15, Saya sudah tahu bahwa Nowela akan berdiri di Grand Finale. Namun, saya tidak menyangka bahwa Husein dapat berakhir di Final mengingat bahwa penampilanya di awal-awal sama sekali bukanlah sebuah penampilan yang akan saya saksikan berulang-ulang kali, dan bukanlah penampilan yang seharusnya dibanggakan olehnya. Namun, Husein berkembang dan berkembang menjadi seorang penyanyi yang lebih baik, sehingga saya bisa menamai cukup banyak penampilan Husein yang menurut saya Top 30 Worthy. Berbeda dengan Nowela, Nowela awalnya sangat kuat, sudah berpotensi dan kandidat sebagai pemenang. Semua orang menyukainya dan sudah cepat-cepat memprediksi bahwa ia akan menang, namun, semakin kesini, penampilanya semakin buruk. Kian memburuk. Memilih lagu-lagu yang aman dan lagu-lagu yang tidka memiliki vocal range. Lagu-lagu yang tidak dibuat dan ditakdirkan untuk dinyanyikan pada ajang pencarian bakat. Dan suara Nowela juga statis, tidak berkembang. Maka itu, saya mulai berhenti mendukung Nowela dan saya mulai mendukung Yuka dan Husein. Namun, Yuka tersisih dan saya harus berjuang mendukung THe Odd Man Out, Husein. Setelah malam ini, saya bisa pastikan bahwa siapapun bisa menang. Bisa saja prediksi orang akurat, bahwa Nowela menang dengan begitu mudahnya, bisa saja penampilan Husein yang jauh diatas Nowela pada malam Grand Finale dapat memenangkanya. Mudah-mudahan Indonesia sadar bahwa Huseinlah yang berkembang. Saya jelas mendukung Husein untuk menang!1. Nowela Elizabeth – Only Girl (In The World) by Rihanna

Ini contoh lagu yang sebenarnya tidak bisa dinyanyikan pada ajang pencarian bakat. Di Ajang pencarian bakat lainya, mereka mengambil ini sebagai sebuah risk. Contohnya pada American Idol, dimana salah satu kontestan nya memutuskan untuk bermain piano sambil menyanyikan lagu ini, dan hasilnya sangat baik. Sayangnya, Nowela tidak memiliki sebuah kreativitas yang cukup untuk mengaransemen dan merendisi lagu Rihanna ini menjadi lebih fenomenal dan lebih “baru” juga menyegarkan. Ia menyanyikan lagu ini seperti bagaimana Rihanna akan menyanyikan lagu ini di konser-konsernya. Lagu ini sama sekali tidak sulit, jadi saya tidak berekspektasi apa-apa bagi Nowela. Jika ia menyanyikanya dengan baik, well, itu semua karena ini adalah lagu yang hanya cocok dinanyikan pada orang-orang yang suka karaoke. Jadi tidak ada sebuah kebanggaan tersendiri. Jika gagal, jelas saja. Nowela tidak mau berjuang lebih keras untuk menjadikan lagu ini menjadi miliknya. Pada akhirnya, lack of creativity itulah yang membuat penampilanya yang satu ini sungguh karaoke, murahan dan gak jelas. Yeah, Nowela, you can own the stage, you can move your body, but you CAN’T play safe in Grand Finale.

2. Husein Alatas – Khayalan Tingkat Tinggi by Peterpan

What a rough start. Jika ada orang luar ingin menyaksikan Indonesian Idol di televisi, terus mereka menyaksikanya dari awal, saya sudah 100% yakin bahwa setelah penampilan keduanya ini mereka langusng mengganti channel. Husein dan Nowela berdua gagal membuat penonton untuk tetap tinggal diam di kursi dan terus menerus menyaksikan mereka adu bakat. Husein, yang saya harapkan akan tampil lebih baik dari Nowela, tidak lebih baik dari Nowela. Memang, dari segi penampilan masih lebih mendingan dibandingkan Nowela. Namun, letak kesalahan mereka sama saja. Husein masih belum berani merendisi lagu ini menjadi miliknya dan menjadi sebuah penampilan yang lebih berwarna tidak hanya asal jiplak original saja. Jika ia mau, Ia akan menampilkan sebuah penampilan pembangkit atau comeback performance bagi dia sendiri. Bahwa orang-orang merendahkan dia, dan dia harus bangkit dan berdiri lebih kuat lagi.

3. Nowela Elizabeth – Apakah Ini Cinta/Alone by Judika

Saya selalu berpikir bahwa siapapun yang tampil bersama Judika pasti hasilnya akan spektakuler. Saya ingat bahwa Sean dan Regina dua-duanya sempat bernyanyi bersama Judika dan hasilnya sungguh jempolan. Saya tidak tahu apa yang terjadi pada nowela, Entah saya telah berharap lebih dari dia atau apapun itu. Saya menginginkan lebih dari penampilan yang satu ini. Saya tahu bahwa ini adalah Nowela. Istilahnya “Nowela has return”. Namun, kembalinya Nowela tersebu seperti ada yang kurang. Kaya paket nya kurang. Kaya ada paket yang tertinggal. Tidak semua hadir kedalam penampilan yang satu ini. Memang, memang bagus penampilanya. Dari segi vokal, mereka berdua telah memberikan sebuah aksi vokal yang luar biasa karena timbre vokal mereka yang hampir-hampir sama dan genre mereka yang sejenis, jadi ada kesatuan di penampilan yang satu ini. Namun, Nowela masih bisa bernyanyi 10x lipat lebih baik.

4. Husein Alatas – Kupinang Kau Dengan Bismillah by STAFA Band

Sigh, Rossa, Sigh. Saya ingat juga ketika Rosa dipanggil untuk berduet dan hasilnya sangat sampah. Dan saya masih ingat hal itu. Dan mereka memanggil Rosa kembali untuk berduet dengan Husein. Tidka ada hal lain yang saya lakukan selain menghembuskan nafas berkali-kali. Mereka berdua sama sekali tidak ada chemistry, mungkin dari body languange dan gesture Rossa berusaha begitu keras untuk menciptakan sebuah chemistry antara mereka berdua sehingga performance nya tidak begitu awkward dan kaku. Namun, Husein tetap saja seperti menolak akan adanya hal tersebut dan Husein sibuk sendiri dengan dirinya. Dan ada bagian dimana Rossa seperti kelupaan lirik. Penampilanya tidak menyatu. So off and so stiff.

5. Nowela Elizabeth – Roar by Katy Perry

Contoh lagu yang tidak harus dinanyikan oleh Nowela. Saya benar-benar merindukan the Old Nowela. Nowela telah memilih sebuah lagu yang hanya akan berhasil jika dinyanyikan oleh penyanyi originalnya saja. Penampilanya dari awal sudah dimulai dengan sangat tidak baik, agak-agak shaky. Dan ada notes dimana Nowela seperti memainkan nada tersebut yang membuat saya harus menutup kuping. Nowela sangat bagus ketika ia bernyanyi besar. When she goes big, It’s magic. Tetapi, ia tidak pandai mencari lagu-lagu besar semacam itu. Itulah letak kesalahan nowela. Ia lebih memilih bernyanyi lagu-lagu current yang orang lain tahu, walaupun suaranya tidak cocok dengan lagu-lagu yang ia pilih. Nowela terlalu sibuk bermain dengan para penonton di studio sehingga vokalnya seringkali ketinggalan. Dan sama sekali tidak spektakuler. Nowela memang mempunyai aura bintang, namun penampilanya sangat sangat mengecewakan.

6. Husein Alatas – Semua Tak sama by Padi

Bagi Husein, saya terus berpikir bahwa, mengapa Husein tidak menyanyikan sebuah lagu metal sepanjang season ini? Apa tidak diperbolehkan? Atau ia terlalu takut mau mengambil risiko didalam kompetisi ini? Saya masih bingung. Penampilan Husein yang satu ini mampu membuat saya terpukau. Hanya tertuju pada performance ini, saya tidak memikirkan hal lain, because It’s too captivating. Husein membawakan sebuah emosi yang ia mampu berikan kedalam performance ini. Ia bernyanyi dari hatinya yang paling dalam dan menyampaikan semua perasaan-perasaan mengenai lagu ini. Vokal nya pun bagus-bagus saja. Ini adalah penampilan yang menyentuh hati yang mampu membuat saya merinding karena keren.

7. Nowela Elizabeth & Husein Alatas – Membawa Cinta

Saya selalu suka dengan original song. Menurut saya, Original song tahun lalu masih kurang grit nya. Masih kurang greget. Walaupun original song yang sekarang ini lebih ballad-y, saya tetap lebih menyukai yang original song yang satu ini. Pertama, Nowela menyanyikan lagu ini dengan lower range nya yang well..harus dilatih lagi. Namun, ketika ia meraih nada-nada tinggi, itulah titik aman nya nowela. Ia benar-benar memberikan sebuah nada tinggi yang menyejukan hati, yang benar-benar membuat penonton terpukau pada penampilan tersebut. Walaupun some notes were really pitchy. Husein di sisi lain menurut saya lebih cocok membawakan lagu ini dibandingkan Nowela, karena cara ia mengambil nada-nadanya lebih tepat dengan vokal nya. Dan walaupunt idak banyak nada-nada “besar”, namun, Husein membawakanya lebih berkarisma dan ada aura-pemenang didalamnya ketika ia menyanyikan lagu ini. I’m fine with Husein winning, I really am.

 

2 thoughts on “Indonesian Idol Grand Finale: Not so Grande for a Top 2!

  1. Ya nga mungkinlah kalau nowela nga berkembang! Mikir kali dia uda berjuang keras, dia juga ud pasti semakin mendalami bkat musiknya! Oon bgt sih lo!

    • Sekarang gak usah ngomong perjuangan mereka deh, semua yang udah ada di Indonesian Idol semuanya berjuang keras. Ga ada yang enggaa. Emang saya ada bilang kalau ia tidak semakin mendalami bakatnya?
      Coba lu bayangin deh, penampilan-penampilan dia dari lima besar sampai sekarang. Bandingin sama penampilan lama dia, Let It Go, Superwoman, Wrecking Ball bahkan Black Dog, bandingin sama penampilan dia yang sekarang? Semua orang sudah tahu kalau ia semakin kesini semakin main aman, penmilihan lagunya semaunya pemilihan lagu yang aman-aman. Juri aja lihat kok. Bukan berarti saya berbeda pendapat berarti saya bodoh.

Leave a Reply

