Indonesian Idol 2014 Report Card

MARTINHA EZA
1 Underneath Your Clothes 61
2 Hummingbird Heartbeat 33

Saya tidak pernah betul-betul melihat apa yang para juri lihat dari Eza. Juri-Juri nampaknya begitu menyukai Eza. She’s just not my cup of tea. Eza memiliki satu penampilan yang menurut saya cukup baik, yaitu di 15 besar. Menurut saya, penampilanya cukup membuat saya berpikir kembali bahwa Eza memiliki suara yang bagus namun cara ia menggunakan suara tersebut untuk memilih lagu masih belum dapat dimaksimalkan. Perjalanan Eza harus terhenti di Babak spektakuler minggu pertama, yang sebenarnya sudah saya duga sebelumnya bahwa ia akan menjadi early boot atau paling parah the first boot.

Average Rating: 47.0
Early Prediction: 13th
Reality: 13th

RYAN D’ANGGA
1 Macarena 39
2 Tetap Mengerti 57
3 Kenangan Terindah 53

Salah satu favorit saya sejak audisi. Memiliki suara yang sangat indah dan merdu membuat Ryan begitu enak untuk didengar. Walaupun sebenarnya penampilan nya dalam live shows tidak benar-benar membuktikan bahwa ia adalah penyanyi terbaik disini. Ia tidak sempat memberikan penampilan terbaiknya. Sehingga langkahnya harus terhenti hanya pada babak 12 besar.
Average Rating: 49.7
Early Prediction: 9th
Reality: 12th

DEWI PUSPITA
1 Who You Are 80
2 Heart Attack 49
3 Pertama 50
4 Because Of You 48
5 Unfaithful 57
6 Nobody’s Perfect 65

Dewi memiliki potensi yang begitu besar. Sayangnya, ia tidak mendapatkan banyak screentime. Jika ia mendapatkan screentime seperti yang lainya dapatkan, ia bisa saja bertahan lebih lama dari siapapun. Sayangnya, perjalannya harus terhenti hanya di 10 besar. Walaupun ini adalah double elimination, namun Miranti memiliki jumlah votes yang lebih banyak dari Dewi di Save Me Performance. Dewi memang tidak memberikan penampilam seindah suaranya dan yang sebagus saya ekspektasikan. Walaupun ada satu penampilan yang membuat saya tidak bisa melupakanya hingga sekarang.

Average Rating: 58.1
Early Prediction: 8th
Reality: 11th

MIRANTI YASSOVI
1 High And Dry 67
2 I Don’t Know Why 52
3 Terserah 33
4 Mirrors 34
5 Baby, I Love Your Way 90
6 They Long To Be (Close To You) 82

Miranti, salah satu favorit saya. Saya awalnya hanya mengira ia hanya bernyanyi lagu Jazz saja. Namun, ia terus mengambil sebuah risiko dengan memilih lagu-lagu yang jauh diluar genre nya. Yang sungguh mengesankan bagi saya. Karena mengambil risiko adalah suatu hal yang membuat seorang kontestan menjadi lebih baik. Menurut saya, penampilan-penampilan Miranti sudah cukup baik. Walaupun terkadang tidak semua aransemen berjalan dengan baik dan Miranti belum bisa menyanyikan lagu Indonesia seindah lagu barat yang ia nyanyikan.

Average Rating: 59.6
Early Prediction: 7th
Reality: 10th

YUNITA NURSETIA
1 I’ll Stand By You 59
2 I Knew You Were Trouble 32
3 Tak Ada Cinta Yang Lain 52
4 It Must Have Been Love 66
5 Cinta Sejati 48
6 Tough Lover 58
7 All By Myself 22

Saya masih bingung kenapa ia bisa sampai sejauh ini dengan penampilan yang menurut saya so average. Kelebihan Yunita adalah vocal range nya yang begitu luas, namun ia belum bisa menampilkan sebuah penampilan yang menakjubkan. Surprise Meter yang ia berikan di perjalannya dalam Indonesian Idol sungguh minim yang membuat Yunita menjadi seorang kontestan yang tidak menyenangkan.

Average Rating: 48.1
Early Prediction: 12th
Reality: 9th

MAESARAH NURZAKA
1 Honeymoon Avenue 54
2 Emotions 73
3 Jodoh Pasti Bertemu 52
4 Broken-Hearted Girl 69
5 Pemeran Utama 78
6 The Voice Within 34
7 There You’ll Be 58
8 Best Thing I Ever Had 36
9 I’m With You 47
10 The Way It Is 46

Saya benar-benar tidak menyangka bahwa perjalanan Sarah begitu singkat. Saya kira bahwa Sarah akan menjadi Fatin kedua. Karena mereka beutl-betul mirip. Sarah memiliki vocal range yang begitu luas, yang sayangnya ia sangat lemah di nada-nada rendah. Beberapa penampilan sarah mampu memukau, namun beberapa penampilan nampaknya seperti Sarah salah memilih lagu. Tetapi, Sarah betul-betul meninggalkan panggung dengan penampilan yang mungkin mampu saya ingat di kemudian hari, “Pemeran Utama”, how can you forget this performance?

Average Rating: 54.7
Early Prediction: 3rd
Reality: 8th

WINDY YUNITA
1 Burn 27
2 No Air 44
3 Cinta 62
4 She Wolf (Falling To Pieces) 56
5 Angel 75
6 The Final Countdown 38
7 All Of Me 11
8 California King Bed 23

Ini sampai sekarang agak membuat saya bingung. Awalnya saya melihat “She Wolf” adalah penampilan yang memukau, namun ketika saya menyaksikan berulang-ulang kali, nampaknya penampilanya sangat pitchy dan banyak masalah. “Angel” adalah penampilan terbaik Windy. Memiliki penampilan-penampilan yang sulit saya maafkan. “The Final Countdown” was ridiculously bad. But, still, not as bad as the awful “All Of Me”.

Average Rating: 42.0
Early Prediction: 11th
Reality: 7th

GIOFANNY ELLIANDRIAN
1 Better Man 71
2 Seperti Yang Kau Minta 68
3 Tak Bisa Ke Lain Hati 62
4 You’re Still The One 52
5 Sandiwara Cinta 59
6 Superman 53
7 I’ll Be There For You 57
8 Lumpuhkanlah Ingatanku 44
9 Don’t Speak 46
10 Bintang-Bintang 49
11 Aku Masih Sayang 54
12 Just The Way You Are 35

Personally, saya suka. Namun jika melihat penampilan-penampilanya Gio tidak mempunyai satu penampilan standout. Yang maksudnya, tidak ada satu penampilan yang membuat kita akan mengingatnya terus-menerus. Walaupun ia mempunyai suara yang ridiculously insanely good.

Average Rating: 54.1
Early Prediction: 10th
Reality: 6th

YUSUF UBAY
1 Beauty And A Beat 18
2 One More Night 58
3 Proud Mary 87
4 Tercipta Untukku 42
5 Treasure 47
6 When I Was Your Man/Sorry Seems To Be The Hardest Word 58
7 Dalam Mihrab Cinta 56
8 The Good Old Lover Boy 34
9 As Long As You Love Me 4
10 Jar Of Hearts 63
11 Satu-Satunya Cinta/Careless Whisper 76
12 Take A Bow 52
13 Moves Like Jagger 0
14 Yank 60
15 Love You Like A Love Song 25
16 Clarity 8
17 Pupus 57

Ubay, jelas suatu hal yang unik dan berbeda karena ia bisa bermain saxophone yang akan menambah poin ketika orang melihat ia, orang akan berkata bahwa Ubay begitu unik, berbeda dari yang lainya, belum pernah ada dan authentic. Sayangnya, kita juga tidak akan berharap Ubay terus-terusan membawa saxophone nya keatas panggung bukan? Jadi, tanpa saxophone sepertinya ia kehilangan kepercayaan dirinya. Yang membuat penampilanya agak tidak layak untuk disaksikan.

Average Rating: 43.8
Early Prediction: 4th
Reality: 5th

YUKA TAMADA
1 Ironi 39
2 What The Water Gave Me 85
3 Dog Days Are Over 58
4 September Ceria/September 44
5 Happy 59
6 In A Sentimental Mood 80
7 Sweet Disposition 68
8 Seven Days In June 47
9 Under Pressure/Ice-Ice Baby 40
10 Demons 73
11 On & On 65
12 Immortal Love Song 63
13 All I Wanna Do 79
14 Say Something 31
15 Kata Pujangga 33
16 A Team 49
17 Akhir Cerita Cinta 46
18 Get Lucky 48
19 Ain’t No Mountain High 68

Yuka, so authentic and unique. Ini baru yang beda dari yang lain. namun, masih mampu memberikan konsistensi. Yuka memiliki beberapa penampilan yang luar biasa, namun ia cenderung tidak mampu mengeksekusi sebuah penampilan menjadi miliknya. Ketika ia memilih lagu, ia akan menyanyikanya dengan baik, namun tidak menambahkan ‘Yuka” kedalam penampilan tersebut sehingga membuat penampilanya agak mudah dilupakan. Namun, Yuka masih memberikan sebuah penampilan-penampilam menarik yang beda dari yang lain.

Average Rating: 56.5
Early Prediction: 5th
Reality: 4th

MUHAMMAD D’VIRZHA
1 Somebody That I Used To Know 50
2 Human 77
3 Bintang Di Surga 57
4 Vertigo 66
5 Daylight 41
6 Uchained Melody 36
7 Last Nite 60
8 Story Of My Life 49
9 Aku Lelakimu 56
10 Everbody’s Changing 81
11 Satu Jam Saja 76
12 Hey Soul Sister 62
13 Friday I’m In Love 59
14 Message In The Bottle 66
15 I Don’t Wanna Miss A Thing 84
16 Try 61
17 Endless Love 68

Bukan favorit saya, menurut saya ia tidak menyenangkan untuk disaksikan. Entah mengapa saya tidak begitu menyukai Virzha. Namun, siapa sangka? Ternyata Virzha mempunyai rata-rata paling tinggi!! Congrats on that! Mengalahkan Nowela yang memiliki sebuah awal yang sungguh baik, namun kelamaan penampilanya begitu mengecewakan. Penampilan Virzha semakin kesini semakin berkualitas dan menyenangkan. That’s how you win a competition, you might not win the prize and the title, but you win everyone’s heart.

Average Rating: 61.7
Early Prediction: 2nd
Reality: 3rd

HUSEIN ALATAS
1 Bahasa Kalbu 19
2 Impossible 29
3 Kamu-Kamulah Surgaku 72
4 Wake Me Up 48
5 Sobat 54
6 Skyfall 61
7 Toxicity 66
8 Di Belakangku 52
9 Pelan-Pelan Saja 75
10 Unintended 80
11 Far From Home 55
12 Madu Tiga 56
13 Counting Stars 51
14 Kekasih Yang Tak Dianggap 53
15 In The End 59
16 Titanium 59
17 Decode 77
18 Bad Romance 46
19 Locked Out Of A Heaven 63
20 Khayalan Tingkat Tinggi 49
21 Kupinang Kau Dengan Bismillah 40
22 Semua Tak Sama 76
23 Membawa Cinta 68

Ah! Too bad dia gak menang, padahal saya mendukug Husein banget untuk menang. Menurut saya, ia layak menjadi pemenang bukan hanya penampilanya yang jauh lebih bagus dari Nowela, namun ia akan membuka platform baru bagi orang-orang yang akan beraudisi. Genre sepertinya harus banyak kita temukan di Indonesia, they might be hiding somewhere we don’t know. Husein memiliki penampilan yang sangat kreatif, menarik dan membuat saya merinding. Namun, seringkali cara ia bernyanyi seperti terlalu sibuk menghibur penonton tanpa memikirkan sisi teknisnya. Mungkin terbawa dengan band nya.

Average Rating: 56.9
Early Prediction: 6th
Reality: 2nd

NOWELA ELIZABETH
1 Superwoman 80
2 Wrecking Ball 72
3 Apanya Dong 72
4 Rude Boy 43
5 Uninvited 86
6 Let It Go 94
7 Black Dog 57
8 Team 48
9 Sang Dewi 55
10 The One That Got Away 67
11 Empire State Of Mind 35
12 Rekayasa Cinta 45
13 Unconditionally 50
14 Bukan Dia Tapi Aku 64
15 A Natural Woman 73
16 Just Give Me A Reason 60
17 Run The World 29
18 Hanya Memuji 55
19 Only Girl (In The World) 44
20 Apakah Ini Cinta/Alone 74
21 ROAR 24
22 Membawa Cinta 53

How to say this, Congrats on winning? Mungkin itu yang harus diucapkan oleh semua orang. Saya tahu ia akan menang. Dan saya berekspektasi bahwa ia akan menjadi kontestan terbaik sepanjang sejarah Indonesian idol, sayangnya saya salah. Penampilanya di awal kompetisi sangat-sangat bagus. Like consistently great. Namun, ia semakin tenggelam dan semakin kesini penampilanya semakin tiada arti. Namun, dengan saura seperti itu, ia akan menjadi seorang kontestan dengan karir yang baik di kedepanya.

Leave a Reply

