X FACTOR INDONESIA 2 SHOWCASE & WILDCARD

1. ALDY SAPUTRA – DON’T BY ED SHEERAN

Saya sedang mengibaratkan seperti kita sedang menonton film, film yang sangat sangat predictable, kita tahu bagaimana ending nya, kita tahu apa yang akan terjadi berikutnya dan hal tersebut semuanya bagaikan kita sudah menonton film ini untuk kesekian kalinya, hal itu yang saya rasakan terhadap Aldy. Saya gak akan membahas apakah ia bertalenta atau tidak karena ini sudah tahap showcase, agak aneh rasanya untuk membahas apakah seorang kontestan itu bertalenta atau tidak, tentu saja bertalenta. Dan menurut saya, Bebi atau siapapun yang memilih lagu ini salah pilih lagu. Come on, we all know what kind of singer Aldy is, kita tahu ia memang unggul dalam hal acoustic, so don’t take it away! It’s good to shake things up, tetapi menurut saya Aldy harus tetap melakukan apa yang ia unggul seperti yang terjadi pada Judges Home Visit. Mungkin ini hanya deg-degan karena pertama kali manggung di panggung megah, karena sangat pitchy, notes as flat as pancakes. Menurut saya, Aldy gagal dan ini adalah penampilan yang benar-benar flat.

2. RISKA WULANDARI – WHO YOU ARE BY JESSIE J

Saya benar-benar baru nyadar kalau ia ada di kompetisi pas tahap The Chairs, karena saya tidak sadar dan ia tidak banyak mendapatkan airtime. Antara itu atau memang ia tidak menunjukkan sesuatu yang worth giving airtime for. Saya sebenarnya agak sebel sih melihat Riska maju tetapi tidak Ajeng. Karena Ajeng jauh lebih matang secara teknik dan suara secara keseluruhan. Saya gak peduli ini otodidak atau ngga, karena ini adalah kompetisi. Apapun yang dilakukan semua orang sah-sah saja, mau dia les vokal, mau dia otodidak semuanya setara. Dan menurut saya, Riska belum pantas untuk ada di Gala Show, jika saja ia audisi satu tahun lebih lama pasti semuanya akn jauh lebih indah. Sebenarnya dari segi teknik, ia agak unggul dibandingkan Ismi Riza dan semua orang dalam kategori boys, tetapi jujur saja Riska bisa jauh lebih baik daripada ini. Malam ini, untung aja tidak dihitung, karena menurut saya dengan penampilan ini, paling tidak ia akan berada di tiga terbawah.

3. JAD N SUGY – UNCONDITIONALLY BY KATY PERRY

Ugh, gimana yah… Jad N Sugy ini mungkin satu-satunya grup original yang benar-benar memukau saya dari sejak audisi. Mungkin 2RF, tetapi entah kenapa si Rossa ini agak aneh milih yang lolos dan tidak. Mini Me seharusnya tidak penah lolos sampai ke Judges Home Visit, mending 2RF atau 2 grup cewe-cowo yang baru dibentuk yang marah karena gak lolos. Back to Jad N Sugy, entah mengapa mereka bertiga malam ini pitchy banget, mungkin karena deg-degan karena jujur saja mereka aja ada yang pingsan karena lolos jadi mungkin mereka kesenangan sehingga secara teknis agak berantakan. Itu kesalahan pertama. Kesalahan kedua adalah, terlalu banyak individual nya. Terlalu banyak solo nya, itupun secara individual gak bagus-bagus amat. Kesalahan ketiga, Rossa sejujurnya pada intinya salah milih lagu. Satu yang harus diketahui oleh banyak orang adalah satu-satunya artis yang lagunya gak boleh dipegang itu Katy Perry. Mau seindah apa dinanyikanya, mau secahnggih apa suaranya, pasti gak akan sesuai dengan ekspektasi atau lebih parah lagi tak sebagus originalnya. Apalagi untuk lagu ini, agak sulit untuk ditaklukan. Yah, untung aja sih ini masih showcase.

4. SULLE WIJAYA – WHY CAN’T THIS BE LOVE BY VAN HALEN

Saya gak ngefans sama Sulle, segi vokal maupun stage act. Intinya bukan favorit saya. Namun, mencoba menjadi objektif. Jujur saja, penampilan dia kali ini biasa aja. Saya juga lebih milih Rani Klees dibandingkan Sulle Wijaya yang sejujurnya 300 kali lipat lebih bagus dibandingkan Sulle. Satu masalah sama Ahmad Dhani adalah ia memilih lagu favorit dia bukan lagu yang cocok dan bagus untuk dinyanyikan oleh orang-orang yang ia pegang. Walaupun tambahan poin bagi Ahmad Dhani karena memilih lagu yang tidak mainstream, secara keseluruhan penampilanya biasa aja dengan scatting yang menurut saya fail dibandingkan bagus.

5. RAMLI NURHAPPI – CHAINS BY NICK JONAS

Gak ada yang salah sama sekali dengan pemilihan lagunya, inilah lagu-lagu yang cocok dinanyikan oleh Ramli. Namun, saya rasanya pengen banget mengantarkan Ramli ke akademi militer karena saya lebih mending mendengar Ario yang gak lolos dibangindkan Ramli. Ramli dengan gaya lebay dan sok cool nya ketika bernyanyi benar-benar menghancurkan penampilanya. Saya akui memang semua orang wajar dan boleh saja mempunyai gaya, namun gaya nya terlalu berlebihan sehingga ia lupa dengan vokal nya sehingga vokal nya gak konsisten. Lagu nya asik, dan saya berharap Ramli bisa membawakanya dengan lebih asik karena sebenarnya ini adalah lagu yang sangat cocok untuknya.

6. ISMI RIZA – LOVE ME HARDER BY ARIANA GRANDE (FEAT. WEEKND)

Tuh kan, akhirnya semua pada lihat betapa biasa saja nya Ismi Riza sebagai seorang kontestan di ajang pencarian bakat. Ini hanya saya apa gimana tapi Afgan ada agenda lain dalam memilih Ismi, dan itu tidak hanya sekedar suka dengan Ismi, gak tau sih, tapi cukup jelas rasanya. Afgan memilih lagu ini karena Ismi terlalu banyak menyanyikan lagu-lagu ballad sehingga jika diberikan lagu uptempo serasa behind the beat. Salah satu yang harus dilakukan ketika menyanyiakn lagu uptempo adalah jangan sampai kamu dituntun oleh band nya dan tempo nya, kamu yang menuntun mereka. Dan untuk penampilan ini, Ismi terlihat bingung, canggung dan ketakutan sendiri bernyanyi diatas panggung. Well, saya gak langsung mengasumsikan bahwa Ismi akan gagal untuk seterusnya, karena mungkin ini untuk pertama kalinya. Namun, secara keseluruhan suara serak-serak basah yang dimiliki oleh Ismi memang dibuktikan tidak berhasil disemua lagu yang ia nyanyikan.

7. CLASSY – SING BY ED SHEERAN

Classy benar-benar tampil dengan mengejutkan malam ini. Mereka tidak hanya came out of their shell tapi dari berbagai segi lainya yang menurut saya membuktikan betapa hebatnya Rossa sebagai seorang mentor. Mungkin tidak untuk memilih lagu, tapi untuk meng-control para kontestan, rasanya Rossa memang cukup bijak dan cerdas dalam melakukan itu. Sangat jelas bahwa mereka tidak lagi berpikir individualistis melainkan mereka sudah mulai tersadar bahwa mereka adalah grup dan gak usah saing menyaing-nyainyi satu sama lain. Masing-masing bersinar melalui bagian mereka masing-masing dan menurut saya Classy benar-benar tampil dengan mengejutkan. Saya gak tahu, apakah ekspektasi saya begitu rendah terhadap Classy sehingga penampilan nya begitu mengejutkan apa memang penampilan nya disetujui oleh semua orang adalah penampilan yang baik.

8. DESY NATHALIA – ANY OTHER FOOL BY SADAO WATANABE

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Dhani terlalu sibuk dengan lagu favorit nya bukanya memilih lagu yang cocok untuk dinyanyikan oleh kontestan masing-masing. Kita semua tahu bahwa Desy memiliki kualitas vokal yang sangat baik, bagaikan penyanyi papan atas. Memang suaranya ditakdikran untuk menyanyikan lagu-lagu ballad. Ini adalah lagu yang sangat membosankan dan dull untuk dinyanyikan oleh Desy yang memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menyanyikan lagu-lagu yang lebih rumit dibandingkan ini. Kalau kamu beli Maicih, terus kamu mampu makan ampe level 10, tetapi kamu dibeliinya cuma level 5, kamu biasanya makan dan sukanya level 10. Kan pada akhirnya sia-sia dan agak boring makanya, gak ada sensasi sama sekali. Seperti itulah Desy pada malam ini. Pemilihan lagu yang sangat-sangat tricky yang menjatuhkan kontestanya sendiri.

9. GRYSIERA LATUPEIRISSA – LIGHT MY FIRE BY THE DOORS

Salah satu kelebihan Grysiera adalah suaranya yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Ia memiliki suara yang sangat “senstitif” jika memilih lagu yang tepat, ia akan bisa bernyanyi dengan benar-benar menakjubkan karena suaranya mampu menyayat hati. Menurut saya, pemilihan lagu Grysiera malam ini agak aneh. Dia masih belum mampu menyanyikan lagu-lagu yang menurut saya dibutuhkan ke-natural-an untuk menyanyikanya. Ia terlalu berpikir banyak, overthinking. Penampilan nya overthinking sehingga ia terlalu sibuk dengan hal-hal lain tanpa ada koneksi dengan penontonya. Semuanya benar-benar gak natural dan menurut saya itu sangat-sangat annoying karena kita gak bisa menikmati apa yang seharusnya mampu kita nikmati yang keluar dari seorang kontestan yang kita tahu sebelumnya memiliki bakat.

10. CLARISA DEWI – RUN BY SNOW PATROL

Clarisa adalah salah satu jagoan saya sejak awal, suaranya begitu matang dengan segi teknis yang benar-benar sempurna. Orang bilang ia mirip Celine Dion, ya kalau emang itu suaranya mau diapain lagi? Saya agak aneh dan bingung melihat juri berkata bahwa Clarisa harus “MENGGANTI” suaranya, dimana itulah suara dia. Mereka jatuh cinta akan suara dia pada audisi, jadi kenapa protes sekarang? Kalau mirip Celine Dion yang emang kenapa… Kemampuanya dalam bernyanyi benar-benar tinggi. Saya masih penasaran sih apakah ia bisa menyanyikan lagu uptempo karena kalau ballad sepertinya gak usah diragukan lagi kalau Clarisa benar-benar pesaing terberat dalam season ini.

11. JB & PATTY – FANCY BY IGGY AZALEA (FEAT. CHARLI XCX)

Saya sih personally dari awal memang sukanya sama Jessica Bennett aja. Patercia Sarah masih kaya meraba-raba kemampuan bernyanyinya. Keduanya unik, keduanya dimirip-miripkan hanya karena bule. Smh. Dan ketika Jessica Bennett gagal saya benar-benar kecewa karena dia pantasnya solo bukan grup. Tapi, apa daya, akhirnya dibentuklah grup yang awalnya berantakan kemudian menjadi asik. Ya, penampilan nya memang asik namun menurut saya sekedar asik saja gak cukup. Yes it’s energetic, young, the youthness in it, enjoyable and full of joy. Keliatan sekali mereka berdua benar-benar have fun. Namun, suara mereka disini agak clash, kayaknya nada nya terlalu tinggi ambilnya diawal sehingga gak match. Saya sih awalnya agak bingung sama pemilihan lagunya, namun menurut saya jika ini memang benar-benar tidak dihitung dan bagaikan welcome performance kepada bandwagon nya JB & Patty menurut saya sangat cocok. JB & Patty membuktikan bahwa penampilan mereka akan sangat energetic dan gan canggung. Thankyou God, banyak banget kontestan yang gak nyaman nyanyi di panggung megah malam ini, JB & Patty adalah satu-satunya yang menguasai panggung dengan sangat baik. It’s fun, but technically, lots of hit and miss.

12. ANGELA JULY – ONLY HOPE BY MANDY MOORE

Angela July sepertinya salah satu yang benar-benar dijagokan sejak audisi. Karena kepiawaianya memainkan harpa. Menjadi vokalis harpa wanita pertama di Indonesia. Atau vokalis harpa pertama? Gak yakin. Angela selalu terkenal dengan suaranya yang sangat-sangat angelic, sangat indah dan menyejukan hati ketika bernyanyi. Namun, seringkali saya perhatikan ketika ia tidak memainkan harpa, suaranya agak melenceng. Sepertinya butuh kebiasaan untuk stay apart from harp dan bernyanyi solo diatas panggung. Penampilanya malam ini sangat pitchy, nada-nada nya banyak yang gak kesampean dan falsetto yang cenderung flat. Sangat disayangkan. Saya sih gak tahu apa yang akan ia lakukan, apakah ia hanya ada di Gala Show karena harpa? Atau memang suaranya benar-benar istimewa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s