X FACTOR INDONESIA 2: TOP 12

Apapun yang terjadi sama Indonesian One Decade Hits yang seharusnya jadi tema minggu ini kemudian diganti gitu aja. Ya, saya sebenarnya kurang suka sama XFactor, lebih ke American Idol yang menurut saya lebih tertata rapi dan profesional. X Factor harus menempuh waktu 4 jam hanya untuk 12 orang bernyanyi dan result show. Gak semua orang bisa nunggu sampai jam 1 lebih hanya untuk ini semua. Ya, cukup sudah mengeluhnya. X Factor Indonesia tadi malam cukup memukau. Ada penampilan yang sangat sangat baik ada pula yang gak ada progress dan ada pula yang what so ever. Dhani terbukti memiliki wawasan yang cukup luas dan saya tarik kembali kata-kata saya mengenai Dhani adalah orang yang selfish, terbukti acts nya tadi malam setidaknya 2 dari 3 tampil sangat baik. Rossa, terbukti masih kekurangan wawasan mengenai lagu apa yang cocok dinyanyikan oleh ketiga acts nya. Afgan, mengejutkan. Seorang mentor yang cukup baik, ada tanda tanya dimana-mana ketika ia membuat keputusan karena tidak sesuai dengan apa yang ia ucapkan. Semntara itu, Bebi… ya, sebaiknya gak usah kesana. Saya gak ngerti apa tujuan dia disana. Mending cari mentor yang jauh lebih mengerti jangan yang gak pedulian kaya Bebi Romeo. Dengan komentar-komentar nya yang gak penting dan gak membangun. 

1. JAD N SUGY – HEART ATTACK BY DEMI LOVATO

Jad N Sugy adalah salah satu kontestan yang sebenarnya sudah sangat matang. Saya juga gak ngerti kenapa mereka di Bottom 2, karena ada banyak yang jauh lbih buruk dari mereka, mau liat dari segi penampilan atau secara keseluruhan (Ismi Riza, Riska Wulandari, Ramli Nurhappi & Sulle Wijaya). Namun, kadang Indonesia bukan vote melalui penampilan melainkan melalui keseluruhan, yang cukup disayangkan. Jad N Sugy menurut saya memiliki peningkatan yang gak berarti. Kita sadar akan adanya peningkatan namun gak cukup untuk penampilan mereka. Mereka sudah ada di Bottom 2, tapi seperti tidak ada fire. Gak ada semangat dan tekad dari mereka sendiri. Saya melihat banyak komen katanya mereka sombong dan menganggap lebih baik dibandingkan lainya. Well, kalau mereka memang gitu, karma is a bitch. Dari segi penampilan, individual sih emang bagus namun ketika mereka bertiga menyatu kaya seperti terburu-buru. Hal yang saya tangkap dari Jad N Sugy adalah bagaimana mereka tidak mampu menarik perhatian penonton. Seperti tidak ada daya tarik dari mereka. Mereka jauh lebih baik dibandingkan Classy dan JB & Patty, namun mereka punya daya tarik ketika tampil, Jad N Sugy tak ada. | B- |

2. RISKA WULANDARI – END OF TIME BY BEYONCÉ

Riska ini adalah salah satu kontestan yang saya gak “dapet” sampe sekarang. Kaya gak ngerti motif dan tujuan dari penampilan nya. Gak ngena dan gak ada daya tarik. Saya gak ngerti kenapa masih ada yang vote buat Riska. Salut sih buat afgan karena ngasih lagu yang gak biasa, anti-mainstream. Wawasan Afgan emagn luas dan lagunya juga gak itu-itu aja, namun Riska kaya kehilangan daya tarik di dalam lagu ini. Walaupun usaha nya patut diacungi jempol, lebih dari itu, menurut saya Riska masih tertatih-tatih dalam menyanyikan beberapa lagu. Sayang banget, coba kalau ia audisi tahun depan pasti jauh lebih bagus dari sekarang. | C+ |

3. RAMLI NURHAPPI – SEPARUH AKU BY NOAH

Ramli adalah salah satu kontestan yang saya paling tidak sukai. Yang gak jeals genre nya apa, gak jelas pengen jadi artis apa yang gak jelas sama karakter dia sebagai penyanyi dan menurut saya yang kalau nyanyi paling maksa dan sok cool. Walaupun segi vokal, masih lebih baik dibandingkan Aldy Saputra dan Ismi Riza tetapi secara keseluruhan, Aldy Saputra ada aura bintang nya. Tadi malam, sebenarnya Ramli ada titik titik yang bersebaran dimana-mana, ada potongan-potongan puzzle yang berserakan dimana tugasnya adalah menyatukan puzzle tersebut untuk membentuk sebuah gambaran yang lebih jelas. Titik-titik yang berserakan untuk membentuk sebuah penampilan yang memukau. Saya sih suka-suka aja dengan versi yang ini, cuma cara ia menyanyikanya kaya mengajak penonton untuk tertidur lelap, sayang oh sayang, sayang kalau gak nonton sampai habis. Secara keseluruhan, masih lebih baik dibandingkan beberapa kontestan, tetapi puzzle nya masih berserakan, masih banyak hal-hal yang harus diperbaiki Ramli untuk menjadi sebuah performer yang lebih natural diatas panggung bukan hanya main style aja. | C+ |

4. CLARISA DEWI – RATHER BE BY CLEAN BANDIT

Clarisa adalah kontestan terfavorit saya yang HARUS ada di Grand Final. Harus. Ia adalah penyanyi langka dengan teknis yang jauh diatas beberapa kontestan. Dengan tingkat kematangan yang baik dan dengan kemampuanya menyanyikan sebuah lagu dengan baik. Clarisa tadi malam menyanyikan sebuah lagu yang saya pengen coret dari daftar lagu karena agak sulit untuk mengotak-atik sebuah lagu semacam ini dan membuatnya agak ballad-y, ternyata saya salah. Clarisa menyanyikan lagunya dengan sangat baik. Ada segi-segi keseksian tiap Clarisa bernyanyi dengan kemampuan nya dalam berakrobatik ketika menyanyikan sebuah lagu. Ada beberapa bagian dimana agak terlalu dipaksakan seperti dibagian akhir, tetapi secara keseluruhan, ini adalah penampilan yang sangat-sangat baik. Menunjukkan kemampuan Clarisa secara sepenuhnya. | A- |

5. AJENG ASTIANI – GHOST BY ELLA HENDERSON

Ajeng ini adalah salah satu kontestan yang saya amati sejak dari awal karena ia membawa maturity tiap dia menyanyi kaya tiap dia menyanyi mampu membuat kita mengingat akan kesalahan-kesalahan kita, mengingatkan bahwa kita banyak buat salah, membuat kita berefleksi, memang agak lebay, namun kisahnya, storyline nya mengenai orang tua nya seharusnya jangan pernah dibawa. Komen Ahmad Dhani mengenai ia gak penting mengenai Ajeng memenangkan acara ini sangatlah menjijikan. Tentu saja ia ingin menang. Sangat gak fair ketika Dhani mengatakan bahwa ia tidak peduli. Secara keseluruhan, penampilan Ajeng tadi malam adalah Ajeng yang sebenarnya. She hits all of the notes perfectly, she owned the stage. Ini adalah diluar zona aman Ajeng, dan ia menyanyikanya dengan sangat baik. Kekuranganya mungkin hanya satu, ketika ia bernyanyi bersama choir, suaranya agak ketutup, agak kurang terdengar. Tapi secara keseluruhan, ini adalah penampilan yang sangat memukau. Ia sudah mulai membiasakan diri diatas panggung, ia sudah mulai nyaman diatas panggung, which is great because she’s such a great singer. | A- |

6. ANGELA JULY – THANKYOU FOR THE MUSIC BY ABBA

Saya sih dari awal emang udah suka sama Angela. Ia memang mostly harpist sih, jadi kalau tanpa harpist kaya ada sesuatu yang kurang, kaya ada elemen yang kurang. Sebenarnya, saya senang sih sama Angela karena ia gak mau ia hanya dikenal baik dalam bemain harpa, bahwa Indonesia juga harus tahu bahwa Ia juga bisa bernyanyi tanpa harpa. Butuh proses, namun tadi malam saya udah melihat kalau Angela July sudah mulai nyaman tanpa harpa dan saya senang karena dia shake things up, gak mau harpa terus. Gak membosankan akhirnya. Penampilanya tadi malam sangat-sangat angelic, tiap nada diraih dengan sangat baik. Tiap nada tinggi diraih dengan baik. Dengan tingkat kesusahan lagu yang diatas lagu-lagu lainya yang dinyanyikan tadi malam, dan untuk menyanyikan lagu yang sangat susah dengan sangat baik, Angela sangat berhasil menjadi salah satu kontestan dengan penampilan terbaik tadi malam. Acungi jempol buat Angela! | A- |

7. SULLE WIJAYA – STAY THE NIGHT BY ZEDD 

Saya agak kesal melihat keputusan juri menyelamatkan Sulle tadi malam. Secara penampilan keseluruhan, Jad N Sugy jauh lebih baik. Dua-duanya. Tapi yasudah lah.. Saya melihat kalau Dhani ingin nunjukkin sama penonton kalau Sulle dengan umurnya yang tidak muda mampu menyanyikan lagu current. Bahwa ia mampu menjadi seseorang penyanyi yang bisa menyanyikan apa saja bukan hanya sekedar lagu rock. Namun, cara Dhani memilih lagu nya sangatlah salah. “Stay The Night” adalah sebuah lagu yang sangat sulit. Hati Sulle bukanlah di lagu ini ditambah ini adalah diluar zona aman nya, jadi penampilan nya tadi malam itu kaya lost puppy dog, kebingungan mau kemana, kebingungan mau kearah mana, mau ngapain, mau gaya apa. Dan infact, ia seperti terlalu banyak mikir sehingga ketidaksempurnaan yang sudah cukup banyak diawal ditambah dengan terlalu banyak berpikir akan ketidaksempurnaan tersebut, semakin banyak pula salah disini dan disitu membuat penampilanya tadi malam sangat sulit untuk dinikmati. Penampilan terburuk tadi malam. | D- |

8. CLASSY – LOVE NEVER FELT SO GOOD BY JUSTIN TIMBERLAKE

Aduh, namanya aja Classy tapi gak ada classy classy nya sama sekali. Dan bukan hanya saya saja loh yang protes, juri-juri juga protes melihat penampilanya. Penampilanya tadi malam agak terlalu dipaksain, menurut saya koreografi nya mengahncurkan fokus Classy untuk bernyanyi lebih baik. Saya lihat sih koreografi nya agak rumit. Agak berbelit-belit. Secara individual, fine- fine aja. Gak ada masalah yang besar dari segi vokal, walaupun ada beberapa flat notes. Tapi, ketika digabung. Mereka kaya berperang. Kaya ada 5 orang yang lagi adu nyanyi. Gak ada keserasian diantara kelima penyanyi. Agak bingung sih liatnya karena ini udah Week 3, harusnya sudah mulai ada chemistry, tetapi Classy lacks of emotion and lacks of connection between the group and lacks of convinction. | C |

9. DESY NATHALIA – I’LL WRITE A SONG FOR YOU BY EARTH, WIND AND FIRE

Penampilan Desy adalah penampilan terbaik sepanjang season X Factor ini. I love everything! Saya suka panggungnya dibikin megah, saya suka bahwa X Factor berani tampil beda dan Desy terlihat sangat “besar”. Saya personally gak tahu lagunya, namun saya tahu kalau Ahmad Dhani udah pilih lagu jadul, pasti lagu itu bener-bener untuk yang terbaik, dan saya tak salah. Sama sekali bukan fans Ahmad Dhani, tapi keputusan yang ia buat mengenai song choices sejauh ini pretty spot on. All the song choices match with every single contestants’ vocal and It boost their confidents. Saya yakin rasa percaya diri dan kepercayaan para kontestan terhadap Ahmad Dhani bertambah karena lagu yang diberikan makin membaik kian minggu. Penampilan nya menunjukkan suara Desy yang “besar” dan menunjukkan bahwa ia seperti penyanyi internasional. It was elegant but fierce at the same time. Best performance of the season! | A |

10. JB & PATTY – UPTOWN FUNK BY MARK RONSON

Look, you guys knew I am pro-JB & Patty since the beginning. Dan saya yakin penampilan mereka sangat-sangat menyenangkan. Menurut saya, ada positif dan negatif dari penampilan JB & Patty malam kemarin. Positifnya dulu. Saya sangat senang JB & Patty terus dipilihkan lagu up tempo sehingga kesenangan, atmosfir youth nya dapet dan penampilanya gak menjemukan. Dan JB & Patty kaya satu kontestan yang ditunggu-tunggu dari awal karena selalu membawa kesenangan saat tampil diatas panggung. It was always pure of joy, entertainment and fireworks. Just the innocent atmosphere from them. Dan saya suka bahwa mereka mampu membangun mood penonton menjadi lebih baik. Just like in concert! Negatif nya. Saya gak yakin mereka bisa tampil dengan elegan dan profesional. Oke, mungkin ini menyenangkan, dan mungkin penampilan nya sangat enjoyable. Tetapi, apa mereak bisa tampil lebih elegan? Saya gak yakin mereka bisa nyanyi lagu-lagu ballad. Vokal mereka masih perlu diasah, terutama Patrecia yang sering terdengar inkonsistensi nya dalam bernyanyi. Penampilan mereka selalu bagus dan menyenangkan, it was a bit of fun, joy and entertainment. But I’m still wanting for that WOW moment. Saya masih nunggu suatu saat ketika mereka layak untuk tampil di panggung Internasional, bukan panggung Indonesia aja. Kali ini, masih agak belum layak. | C+ |

11. ALDY SAPUTRA – MERCY BY DUFFY

Ini performance yang cocok buat Aldy Saputra. Kita semua tahu bahwa Aldy mungkin penyanyi terlemah dari segi vokal. Namun, aura bintang, star quality, stage performance, daya tarik, semua itu Aldy ada. Kemampuan dia buat membuat suatu lagu asik itu ada dalam diri dia. Dan ia lebih ke penyanyi yang kreatif dan inovatif dibandingkan penyanyi yang bagus memang dari suaranya dan memukau lewat suaranya. Ia adalah penyanyi yang memukau lewat suara nya yang emang asik namun dengan aransemen yang dibuat agak berbeda dan intinya kreatif. Ini adalah penampilan yang sangat menarik perhatian. Agak broadway dan sangat seksi. There’s some sexiness in the way he brought this song, there’s some captivating moment in a sexual way. Which is good for the women. Walaupun masih kurang dari segi vokal, namun keseluruhan dibawakan dengan sangat asik. | B+ |

12. ISMI RIZA – SPOILED BY JOSS STONE

Ismi sedikit lebih meningkat dibandingkan minggu lalu. Walaupun secara keseluruhan, ia bisa jauh lebih baik lagi. Saya belum pernah melihat Ismi bernyanyi dengan memukau sih sebenarnya, ada suatu hal yang membuat saya ngantuk banget kalau Ismi udah mulai nyanyi. Malam ini segi vokal makin membaik, tapi dia kaya belum mampu convince para penonton untuk percaya bahwa ia adalah penyanyi yang baik. Ketidakmampuan meyakinkan penonton, alhasil terlahirlah sebuah penampilan yang tidak meyakinkan pula. Kaya mengimitasi penyanyi-penyanyi lainya. Juri bilang dia berkarakter, saya gak nemu sama sekali. Penampilanya membosankan dan masih sama-sama aja. Masih datar seperti kaya minggu lalu, namun agak lebih baik. | C+ |

Leave a Reply

