Review: Dirty Grandpa (2016)

dirty-grandpa-teaser-poster.jpg

Awalnya melihat trailer nya, saya tidak berharap lebih. Saya hanya ingin dibuat ketawa oleh film nya yang menurut saya akan menjadi sebuah film yang lucu dan menggelitik, simpel namun mengena di hati. Apalagi Robert De Niro, berpikiran bahwa tidak akan sembarangan memilih film. Zac Efron dan Robert De Niro dalam satu film? tampaknya akan menarik perhatian banyak sekali penonton, terutama kaum hawa. Tidak Robert De Niro maupun Zac Efron terlihat cerdas karena mereka telah bermain dalam sebuah film yang mungkin bahkan bagi Zac Efron saja sudah dibawah standar, apalagi Robert De Niro. 

Dirty Grandpa mengisahkan tentang Jason (Zac Efron) yang merupakan seorang pengacara di firma yang dimiliki oleh ayahnya yang sedang mempersiapkan pernikahanya dengan seorang wanita yang juga bekerja di perusahaan ayahnya bernama Meredith (Julianne Hough). Meredith merupakan seseorang yang cukup protektif terhadap Jason dan selalu panik sendiri yang terkadang membuat Jason agak merasa kesal. Jason sudah lama tidak bertemu dengan kakeknya, Dick (Robert De Niro) namun pada akhirnya mereka dipertemukan karena neneknya Jason yang meninggal dunia setelah 40 tahun menikah.

Kemudian, Dick meminta untuk ditemani oleh Jason untuk ke Florida, Jason yang merasa kasihan melihat kakeknya akhirnya mau menemani kakeknya untuk beliburan sebentar walaupun banyak kerjaan dan harus memperisapkan pernikahanya. Ternyata, semuanya tidak sesuai dengan ekspektasi Jason. Kakeknya bukanlah kakek biasa, Dick berubah menjadi sosok kakek yang vulgar, menyebalkan dan menguji kesabaran Jason. Keadaan semakin sulit untuk dikendalikan ketika Jason dan Dick bertemu dengan Shadia (Zoey Deustch) dan Lenore (Aubrey Plaza) yang kemudian memaksa Jason untuk ikut bersama mereka. Jason tersadar semakin lama Jason menghabiskan waktu nya bersama kakeknya, semakin terjerumus Jason kedalam hal-hal yang tidak benar dan semakin banyak kebohongan yang harus ditutupi Jason kepada Meredith.

dirty-grandpa-2

Dirty Grandpa awalnya masih bisa diikuti. Masih wajar. Lelucon nya pun masih bisa membuat tersenyum sedikit-sedikit. Namun lama kelamaan, komedi nya jadi worn out. Kata-kata kasar dan komedi-komedi vulgar yang berniat untuk membuat penonton tertawa malah berubah menjadi membuat penonton agak tidak nyaman. Dirty Grandpa is so cringey. Walaupun berusaha dengan menampilkan banyak sekali tokoh-tokoh yang berniatan untuk menyenangkan penontonya, karakter-karakter dalam film itu gagal membuat penonton tertawa. Sepertinya tidak ada karakter di dalam film Dirty Grandpa ini yang rootworthy dan menyenangkan untuk disaksikan. Semuanya nampaknya menyebalkan yang membuat saya sendiri tidak tahan untuk menyaksiakn Dirty Grandpa.

Hal lain nya yang agak mengganggu adalah konflik yang dibuat-buat dan penyelesaian konflik yang terasa sangat dipaksakan. Ditengah film, sengaja ditambahkan sebuah pokok permasalahan ketika muncul sosok Shadia yang kemudian berubah menjadi sebuah cinta segitiga kemudian Jason yang terkadang marah dengan kakeknya kemudian baik lagi hanya karena melihat sebuah adegan yang sebenarnya sangat gak penting. Ditengah-tengah film juga ditampilkan sebuah adegan mengenai homophobic dan racism yang ntah darimana asal-usul nya dan tidak jelas tujuan nya untuk apa.

3d1180a0d74b5617_UDEP_D28_07565_R.xxxlarge_2x.jpg

Secara keseluruhan, Dan Mazer gagal memberikan sebuah suguhan yang enak untuk dinikmati. Dirty Grandpa adalah film yang sungguh berantakan dari awal hingga akhir. Yang tujuan nya untuk menjadi komedi vulgar yang cerdas malah menjadi sebuah film yang sangat tidak lucu, melelahkan dan messy. Tidak ada penampilan yang menonjol pula dari para pemain nya kecuali mungkin Aubrey Plaza yang memang selalu menjadi sebuah aktris yang lucu di setiap film yang ia mainkan. Atau mungkin kita dikenalkan dengan sosok Zoey Dustch yang tampil dalam Vampire Academy 2014 silam yang needs more recognition. Dengan eksekusi yang lemah dan naskah yang lemah pula, sepertinya niatan Dirty Grandpa dari awal memang hanya untuk menjual Zac Efron nya saja.

dirtygrandpa

Advertisements

2 thoughts on “Review: Dirty Grandpa (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s