Review: Lights Out (2016)

b1686f3d790f32dce182fc5574fa9a06.jpg

Apakah sudah pernah menonton film pendek berdurasi 2 menit 42 detik berjudul sama di tahun 2013 silam? Film berdurasi hampir tiga menit tersebut mampu membuat bulu kuduk saya berdiri dan ditutup dengan ending yang masih kebayang sampai sekarang. Setelah tahu bahwa film pendek tersebut akan dibuat versi film bioskop nya saya sangat excited karena dengan film pendek nya saja saya sudah ketakutan sendiri apalagi menyaksikanya dengan durasi satu jam lebih. David F. Sanberg yang juga menggarap film pendeknya mempunyai wewenang besar untuk memperpanjang film nya dan melakukan apa yang tidak sempat ia lakukan di film pendeknya. Ia tahu betul apa yang ia inginkan, karena itu menurut saya Lights Out bekerja dengan sangat efektif dalam rangka menakut-nakuti penontonya. Belakangan ini, film horor yang berkualitas bisa dihitung jari. Apalagi film-film horor Indonesia yang menurut saya kehilangan kehebatan nya seperti dahulu kala. Cara menakut-nakuti penontonya sudah mulai terlalu predictable dan para sutradara pun tampak seperti kebingungan sendiri dan pada akhirnya jadi kehilangan arah di pertengahan film. Tetapi sepertinya tahun ini adalah tahun nya film horor. Beri contoh saja Conjuring 2 yang sudah berhasil mencuri perhatian banyak sekali penikmat film horor yang berhasil menampung banyak sekali penggemar lewat seri pertamanya. Dan The Boy yang dirilis awal tahun yang juga sama sekali tidak buruk. The Shallows yang baru saya saksikan kemarin dan bisa saya pastikan akan masuk ke daftar film terbaik 2016. Dan masih banyak film-film horor yang akan meramaikan bioskop sampai desember nanti seperti Don’t Breathe, Blair Witch, Hush, Ouija 2, Rings 3, Friend Request… Ah semakin banyak menyebutkan semakin tidak sabar rasanya saya untuk menyaksikanya satu demi satu dan merelakan diri saya untuk ditakut-takuti oleh film-film tersebut.

Lights Out mengisahkan tentang Rebecca (Teresa Palmer) yang suatu hari harus menjemput adiknya Martin (Gabriel Bateman) yang diduga kekurangan tidur. Namun, bukan karena Martin sering bermain game, membaca komik atau melakukan hal-hal yang anak kecil seumuran Martin biasanya lakukan. Namun karena ada sesuatu yang menganggu Martin di rumahnya setiap malam, ditambah pula dengan kelakuan Ibu Martin, Sophie (Maria Bello) yang mulai membingungkan dan aneh. Hal ini yang membuat Rebecca harus membawa Martin untuk tinggal bersamanya di sebuah apartemen kecil berdinding poster Avenged Sevenfold. Dengan membawa Martin untuk sementara tinggal bersamanya, Rebecca pun mulai diganggu dengan sebuah sosok mengerikan yang selama ini menganggu kehidupan Rebecca dan Ibunya. Semakin dalam Rebecca mencari tahu penyebabnya, semakin dalam Rebecca terjebak kedalam sebuah misteri yang pada akhirnya memiliki hubungan dengan masa lalu Ibunya dan sosok yang selama ini menganggu ketentraman keluarganya.

Lights Out-2016-Horror-David F. Sandberg-James Wan-Teresa Palmer-Gabriel Bateman-Maria Bello-Billy Burke-Sinopsis-synopsis-cerita-durasi-film-movie-review-image-stills-picture-photo-foto-gambar-Indonesia-scary-ghost-evil-hantu 7.jpg

Lights Out bisa dibilang termasuk kategori horor yang berhasil menakut-nakuti penontonya. Lewat adegan pembukanya saja penonton sudah diajak bersenang-senang dan Lights Out tidak banyak berbasa-basi untuk menjalankan misi utamanya yaitu untuk membuat penonton ketakutan. Mungkin karena durasinya yang begitu pendek, ya ini adalah salah satu hal yang menurut saya menjadi kelemahan Lights Out, yang membuat Lights Out langsung menakuti penontonya lewat adegan pembuka nya yang sangat intense tersebut. Alur nya yang cepat memang mencegah akan rasa kebosanan yang melanda penonton karena menit demi menit diisi dengan adegan-adegan menegangkan yang mampu membuat kita semua ketakutan sendiri.

Sayangnya, durasinya yang pendek membuat Lights Out berakhir dengan membuat penonton meminta lebih. Memang saya sendiri merasa kurang puas bukan berarti karena film nya yang membuat saya kurang puas namun memang saya ingin ditakut-takuti lebih lagi karena Lights Out sangat berpotensi menjadi sebuah film yang jauh lebih baik lagi dengan durasinya yang lebih panjang lagi. Saya cukup menikmati trik menakut-nakutinya. Jump scares maupun tidak, Lights Out berhasil membuat saya menutup mata dan membuat jantung saya berdebar kencang. Apalagi di beberapa menit terakhirnya yang menurut saya merupakan menit-menit yang sungguh menebarkan dan menegangkan.

Lights Out-2016-Horror-David F. Sandberg-James Wan-Teresa Palmer-Gabriel Bateman-Maria Bello-Billy Burke-Sinopsis-synopsis-cerita-durasi-film-movie-review-image-stills-picture-photo-foto-gambar-Indonesia-scary-ghost-evil-hantu 2.jpg

Secara keseluruhan, Lights Out memang bukanlah film horor paling menyeramkan yang pernah saya saksikan. Cenderung lebih menakuti penontonya dengan adegan-adegan yang mengagetkan dibandingkan menakuti penontonya dengan sosok mahkluk gaib nya yang menyeramkan, contohnya Conjuring. Conjuring adalah sebuah film yang benar-benar menakuti penontonya dengan sosok mahkluk nya yang mampu membuat saya doa syafaat ketika melihatnya, Lights Out berbeda. Dan saya tidak menyalahkan Lights Out jika ia memilih cara yang ini karena toh pada akhirnya Lights Out berhasil membuat penonton berteriak dan terkaget-kaget dengan adegan-adegan yang jujur saja mampu membuat saya sendiri yang jarang berteriak dibioskop ikut berteriak dengan penonton-penonton lainya. Apakah Lights Out mampu membuat penontonya parno dan takut mematikan lampu dirumah? Sebenarnya tidak sampai segitunya. Namun Lights Out sendiri merupakan sebuah film berdurasi 80 menit yang sangat-sangat menyenangkan.

3-5-star-rating-md2.png

3 thoughts on “Review: Lights Out (2016)

Leave a Reply

